Mengamati Perkembangan Animo Muscle Car di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 07/Agu/2021 14:25 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Mobil performa tinggi dengan kapasitas mesin besar buatan Amerika Serikat atau biasa disebut sebagai muscle car, peminatnya relatif sedikit dibanding mobil performa tinggi lain, tetapi animo-nya bertahan.

Baca Juga:
Mobil Sport ini Jadi Pilihan Baim Wong, Bodinya Besar Tenaganya Gahar

Pengumuman lelang muscle car oleh Bea Cukai (sumber: Bea Cukai Priok)

Setidaknya karena pemberitaan bea cukai melelang muscle car dan terakhir kali lelang tersebut diadakan pada tanggal 12-14 Juli 2021 silam melalui e-Auction. Menariknya, bea cukai melelang muscle car tersebut sepaket tiga unit, yaitu 2 unit Ford Mustang dan 1 unit Chevrolet Chevelle.

Hasilnya, ketiga mobil tersebut laku sekitar Rp. 3-4 Miliar sehingga menandakan meskipun peminatnya tidak sebanyak mobil performa tinggi lainnya tetapi tetap bertahan. Lantas apa yang membuat orang Indonesia tertarik dengan muscle car?

“Biasanya dari modelnya, history, rare-nya, performa, gengsi, dan yang cuma ikut-ikutan atau latah juga banyak.” buka Widitya Prayudi alias Didietoz dari Bandietoz Garage Kustom kepada SoundandMachine.com melalui WhatsApp (4/8/2021).

Didietoz, yang biasa garap muscle car dan beberapa mobil klasik Amerika, berpikiran bahwa bisa juga karena pengaruh film yang menampilkan muscle car seperti franchise Fast and Furious, Gone in 60 Seconds, dan sebagainya.

Muscle car, yang memiliki mesin berkapasitas besar setidaknya 5.000 cc keatas, untuk zaman sekarang mungkin kurang cocok dengan kondisi jalan di Indonesia karena infrastrukturnya lebih berorientasi untuk mobil kompak.

Berbeda dengan Amerika Serikat yang memang jalannya besar dan lurusnya panjang sehingga cocok untuk mobil yang kebanyakan bermesin V8 tersebut.

Muscle car di acara Sunday Morning Ride Ranch Market Pondok Indah

Muscle car di acara Concours d'Elegance

Untuk menjumpai mobil berjenis ini di Indonesia, setidaknya suka ada di acara kumpul mobil klasik setiap hari Minggu atau acara otomotif seperti pameran dan kontes modifikasi.

Muscle car yang ada di Indonesia kebanyakan berjenis Ford Mustang generasi pertama keluaran 1965-1973, entah itu Shelby maupun non-Shelby, berdasarkan liputan kami di setiap acara otomotif. Dengan adanya muscle car di acara tersebut membuka kemungkinan akan diminati oleh kalangan muda yang notabene generasi penerus.

(Joule)