Honda Akan Kembali Menghadirkan Mobil Kompak Integra Tahun Depan

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 14/Agu/2021 10:14 WIB


SoundandMachine.com (Amerika Serikat) – Honda, melalui divisi mobil mewahnya yaitu Acura, mengumumkan bahwa akan menghadirkan kembali mobil kompaknya yaitu Integra.

Untuk penampakan, Acura hanya menampilkan lampu depan beserta tulisan “Integra” di teaser-nya, namun masih belum mengungkap apakah dia berjenis sedan atau coupe, dan rencananya akan dirilis 2022 mendatang.

Baca Juga:
Penjualan Honda Indonesia Meningkat di Semester Pertama 2023, Model ini Jadi Paling Laris

Melihat dari pernyataan Jon Ikeda, Vice President and Acura Brand Officer, bisa diprediksi bahwa Integra akan kembali hadir di segmen mobil performa tinggi.

“Saya senang mengatakan bahwa Integra kembali ke jajaran Acura dengan semangat fun-to-drive dan DNA asli yang sama, memenuhi komitmen kami terhadap Precision Crafted Performance dalam segala hal – desain, performa, dan pengalaman berkendara secara keseluruhan.” buka Jon Ikeda, Vice President and Acura Brand Officer.

Baca Juga:
Eksperimen Bahan Bakar Netral Karbon, Honda Andalkan Civic Type R di Ajang Balap Endurance 24 Jam

Baca Juga:
Baru Diluncurkan di Indonesia, Honda Civic Type R Sabet Penghargaan Desain Paling Bergengsi di Dunia

Honda Integra generasi pertama (sumber: Honda)

Integra merupakan mobil kompak yang dirilis Honda pada tahun 1985. Meski dikenal sebagai coupe atau 3 pintu, sebetulnya Integra tersedia 5 pintu dan 4 pintu.

Segmen pasar Integra berbeda-beda tergantung dimana dipasarkan, seperti Jepang menjadi model lebih sporti dari Civic, di Amerika Serikat menyasar pasar luxury karena memakai brand Acura, dan di Eropa berada di segmen menengah ke bawah.

Honda Integra Type R di generasi ketiga (sumber: Honda)

Kehadiran varian Type R yang dimulai sejak generasi ketiga pada tahun 1995 melambungkan nama Integra.Pasalnya mesin B18C bertenaga 197 hp, sasis diperkuat, dan reduksi bobot membuatnya kompetitif dengan sportscar Jepang dengan tenaga lebih besar meski tetap berpenggerak depan, menjadi reputasi bagi Honda dalam membuat mobil performa tinggi.

Honda Integra Type R di generasi ketiga (sumber: Honda)

Menariknya, Integra merupakan Type R pertama dengan jenis bodi 4-pintu sebelum Honda merilis Accord Type R pada tahun 1998 dan Civic Type R keluaran 2007.

Di Amerika, produksi Integra hanya sampai tiga generasi tahun 2001, karena diteruskan dengan nama RSX sampai tahun 2006. Sementara di Jepang, produksi Integra sampai empat generasi karena Honda tetap mempertahankan namanya sampai stop produksi tahun 2006.

(Joule)