Jangan Asal! Begini Cara Mencuci Pelek Anodized Dengan Benar

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 15/Agu/2021 12:20 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Pelek buatan brand ternama bukan hanya memiliki karisma karena keindahan dan keotentikan desain, tetapi juga kualitas dan daya tahan yang menjanjikan.

Meski demikian, sebagus-bagusnya pelek buatan brand ternama bisa cacat juga kalau perawatannya asal-asalan, termasuk dari cara mencucinya.

Baca Juga:
Unggulkan Desain Original, HSR Wheel Kenalkan Lima Model Pelek Baru untuk Beragam Mobil

Oleh karena itu produsen pelek asal Jepang Work Wheels mengingatkan pelanggannya agar mencuci pelek dengan benar untuk berfinishing anodized yang notabene umum di pelek aftermarket Jepang, bukan hanya buatan Work Wheels.

Work Wheels merekomendasikan agar mencuci dengan air dan menggunakan deterjen yang netral untuk cairan pembersihnya. Deterjen yang netral dalam arti tidak ada kandungan alkali elektrolit karena akan menimbulkan noda membandel, korosi, dan membuat warna menjadi pudar.

Baca Juga:
Velg Baru HSR Wheel Boafeo dan Aerotech, Tingkatkan Gaya Juga Aerodinamika

Ilustrasi pelek yang terkena bercak air dan kandungan alkali (sumber: Work Wheels)

Baca Juga:
Usung Desain Retro, Velg Terbaru HSR KLG Bikin Tampilan Mobil Jadi Makin Asyik

Pelek anodized, kalau terjadi kerusakan termasuk apabila warnanya pudar, tidak bisa diperbaiki karena ketebalan lapisan film-nya sangat tipis, kira-kira beberapa mikron saja. Kalaupun diperbaiki, hasilnya akan sepintas saja dalam arti tidak akan benar-benar seperti baru.

Ketika mencuci pelek dengan deterjen yang netral, pastikan dibilas dengan air dan untuk menyeka atau mengelap setelah dicuci, gunakan handuk halus atau microfiber. Hindari memakai sikat karena beresiko membuat permukaan menjadi baret.

Misalnya ingin sekalian semir ban, hati-hati dengan cairan wax-nya karena bisa menyebabkan kerusakan finishing anodized pada pelek.

(sumber: Work Wheels)

Tidak kalah penting, rajin kontrol peleknya, karena kandungan alkali bisa saja dari jalan yang dilewati ketika mengadakan perjalanan. Itu berarti, kontrol yang paling tepat adalah rajin mencuci setelah mobil dipakai.

Bagi kawan SoundandMachine yang mobilnya berpelek anodized, tolong sampaikan atau ingatkan ini ke orang yang diutus untuk mencucinya, termasuk ketika ke gerai detailing.

Dengan demikian, pelek berfinishing anodized kesayangan kawan SoundandMachine bisa lebih terjaga karena dirawat dengan benar.

(Joule)