Siap Jadi Rebutan, Lamborghini Countach Terlahir Kembali dalam Jumlah Terbatas

  • Oleh : ADV

Senin, 16/Agu/2021 18:12 WIB


SoundandMachine.com (Italia) - Lamborghini baru saja meluncurkan supercar anyar bernama Countach LPI 800-4. Mobil itu disebut sebagai reinkarnasi dan bentuk perayaan ke-50 tahun dari salah satu model Lamborghini yang melegenda, yaitu Countach.

Sama seperti aslinya dari tahun 1971, model baru ini sangat dramatis, tetapi juga memiliki sentuhan modern. Kabarnya, mobil ini hanya akan diproduksi sebanyak 112 unit saja. Jumlah itu merujuk pada nama proyek internal "LP 112" yang digunakan selama pengembangan Countach lawas.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

Bila melihat mobilnya, bentuk khas Countach terdahulu sangat jelas terpampang. Bodi serat karbonnya juga mendapat isyarat yang berasal dari konsep LP 500, LP 400 produksi, dan model Countach lainnya di masa lalu.

Baca Juga:
Animo Semakin Tinggi, JDM Funday 2024 Siap Meriahkan Sirkuit Mandalika dan Pariwisata NTB

Di bagian depan, kita akan menemukan wajah tajam LP 500, yang menampilkan lampu depan persegi panjang yang terintegrasi ke dalam bodywork bersudut. Bagian ini disertai dengan celah horizontal yang lebih tinggi dengan garis-garis yang mengarah ke kisi-kisi.

Di bawahnya, terdapat saluran udara yang diadopsi dari LP 400, meskipun bentuknya jauh lebih besar. Melanjutkan ke samping, kita akan menemukan lengkungan roda heksagonal yang berpadu dengan roda depan 20 inci dan 21 inci. Di bagian ini, pabrikan berlogo Banteng tersebut seakan mencoba menciptakan kembali gaya khas tahun 1980-an. 

Baca Juga:
Ada Lagu Baru di Tahun 2024, Car Audio Network Kembali Gelar Training Regulasi dan Penjurian

Elemen desain lain yang mengingatkan pada LP 400 juga dipamerkan di sepanjang sisinya, melalui saluran masuk udara NACA yang dipotong ke samping dan pintu gunting yang ikonik. Sementara itu, bagian belakang terlihat sporty dengan empat pipa knalpot yang terdapat di dalam diffuser belakang serat karbon.

Meskipun elemen desain yang diilhami Countach memang menonjol, namun di beberapa bagian mengambil milik model Lamborghini masa kini, seperti Sian FKP 37 dan Aventador. Hal itu terlihat pada kabin yang mendapatkan setir dan kursi Aventador, lalu dasbor, dan konsol tengah dari Sian.

Sebagai tenaga penggerak, Countach mendapatkan mesin hybrid yang mirip dengan yang digunakan di Sian. Mesin V12 6,5 liternya mampu menghasilkan tenaga 770 hp dan torsi 720 Nm. Mesin tersebut bergabung dengan motor listrik 48 volt yang memberikan tambahan tenaga 33 hp dan torsi 35 Nm.

Gabungan tersebut, mampu menghasilkan tenaga 803 hp, yang disalurkan ke keempat buah roda melalui transmisi Independent Shifting Rod (ISR) tujuh percepatan dan sistem penggerak semua roda Haldex. 

Dari segi performa, Countach terbaru membutuhkan 2,8 detik untuk melaju dari 0-100 km/jam, 8,6 detik dari 0-200 km/jam, dan kecepatan tertinggi 355 km/jam, yang setara dengan Sian serta LP 780-4 Ultima.

Rencananya, model khusus ini akan dikirimkan kepada pelanggan yang mampu membelinya mulai dari kuartal pertama tahun depan, dan ada tiga warna bersejarah yang dapat dipilih, termasuk Impact White, Giallo Countach, dan Verde Medio. Wah, bakal jadi rebutan kolektor nih! (EPS)