Mitsubishi Xpander Masih Jadi Favorit di Tengah Persaingan Segmen LMPV

  • Oleh : ADV

Selasa, 24/Agu/2021 13:38 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Tak dapat dipungkiri, Mitsubishi Xpander merupakan salah satu model kendaraan di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang saat ini digemari oleh masyarakat Indonesia.  

Memiliki desain sporty, serta bekal fitur keamanan dan kenyamanan yang canggih di kelasnya, Xpander dinilai menjadi mobil yang andal untuk aktivitas sehari-hari, atau berpergian bersama keluarga. Berbekal kepopuleran tersebut, tak mengherankan apabila Xpander lantas menjadi produk terlaris Mitsubishi. 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Libur Lebaran 2024, Mitsubishi Buka 7 Posko Siaga dan 50 Bengkel Resmi

Bahkan menurut PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Xpander (termasuk varian Xpander Cross) mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan MMKSI lebih dari 50% pada bulan Juli 2021.

Baca Juga:
Penjualan Xpander dan Pajero Sport Naik, Mitsubishi Perkuat Pangsa Pasar di Indonesia

Dari data pertumbuhan penjualan retail kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors bulan Juli 2021, terdapat total 9.122 unit dan pangsa pasar 15,4%, yang merupakan total penjualan unit dan pangsa pasar tertinggi untuk Mitsubishi Motors di Indonesia pada tahun kalender maupun fiskal 2021. 

Pada segmen kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 6.080 unit, dan di segmen kendaraan niaga ringan MMKSI mencatat penjualan 3.042 unit. Tak hanya di Indonesia, kontribusi penjualan Xpander juga terbilang cemerlang di skala global. Mitsubishi Xpander, berkontribusi sebesar 54% untuk penjualan global model tersebut.

Baca Juga:
Diproduksi Lokal, Mitsubishi L100 EV Jadi Kendaraan Niaga Ringan Paling Lengkap Fiturnya

Cemerlangnya penjualan Xpander, membuat Mitsubishi Indonesia jadi penyumbang terbesar penjualan Mitsubishi di dunia. Saat ini, bisa dibilang Mitsubishi Xpander menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi di Indonesia. 

"Model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisinya, sebagai model favorit yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia. Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model ini, dibuktikan dengan peningkatan penjualan dan pangsa pasar di segmennya," ujar Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Banyak faktor yang membuat Mitsubishi Xpander jadi mobil MPV yang kompetitif di pasar Low MPV. Padahal saat ini masih ada Low MPV lain yang harganya jauh di bawah Mitsubishi Xpander. 

Namun jumlah masyarakat yang memilih Xpander sangat besar. Putri Damayanti, seorang ibu rumah tangga pemilik Xpander mengatakan, ia merasa nyaman saat menggunakan LMPV tersebut untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari.

"Saya suka dengan desainnya yang sporty, interiornya lega, bisa muat banyak barang bawaan dan fiturnya lengkap. Bahan bakarnya juga terbilang efisien, saat melewati jalan jelek terasa empuk," katanya. Saat ini, Mitsubishi Xpander Ultimate sebagai varian tertinggi dipasarkan dengan banderol Rp 278.900.000 (OTR Jakarta). (EPS)