Parts Eksterior Toyota GR Yaris Ini Tingkatkan Penampilan dan Performa, Kok Bisa?

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 25/Agu/2021 16:52 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Gazoo Racing (GR) menyediakan parts eksterior untuk GR Yaris yang bukan hanya membuat penampilan mobil menjadi lebih baik tetapi juga meningkatkan performa. Bagaimana bisa?

Begini, parts eksterior tersebut seperti halnya bodykit yang dijual di pasaran, namun bedanya memiliki efek performa dan itu telah dikonfirmasi oleh GR Parts-nya sendiri sebagai produsen.

Baca Juga:
Gandeng Yamaha, Toyota Akan Kembangkan Mesin V8 Hidrogen Bertenaga Besar

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Varian Toyota Fortuner Terbaru, Ternyata Pakai Mesin yang Andal di Lintasan Balap

Pertama dari spoiler depan dengan struktur 3 bagian yang terdiri dari bagian lip spoiler dan bagian turbulator fender.

Spoiler depan tersebut bekerja menerima udara dari depan di bagian lip spoiler sehingga menghasilkan downforce yang membuat ban depan terasa lebih menapak. Sementara bagian turbulator mengeluarkan udara di dalam rumah roda untuk mengurangi daya angkat.

Baca Juga:
Toyota GR Supra Racikan Toms Ini Lebih Bertenaga dan Nyaman untuk Perjalanan Jarak Jauh

(sumber: Toyota)

Kemudian side skirt-nya bekerja mengarahkan udara yang melewati bagian bawah spoiler depan, radiator, dan bagian bawah lantai, ke bagian bodi samping sehingga meningkatkan tekanan dan mengurangi efek daya angkat.

Spoiler bumper belakang mengadopsi bentuk diffuser mengalirkan udara dengan lancar di bagian bawah lantai yang mengalir dari depan ke belakang, sehingga mengurangi daya angkat badan mobil.

Selain itu, kinerja aerodinamis yang diberikan oleh ekstensi belakang memungkinkan untuk lebih memberikan efek diffuser.

Berikutnya, spoiler belakang bekerja memantulkan udara ke bagian atas sehingga menghasilkan downforce dari bagian belakang. Meski porsinya sedikit, tetapi tetap mengurangi daya angkat dan keseimbangan downforce depan dan belakang telah disesuaikan.

(sumber: Toyota)

Hasilnya, parts eksterior tersebut mampu meningkatkan performa, khususnya di sektor aerodinamika.

Semua parts eksterior tersebut bermaterial resin PPE, dan setelah pemasangan pengurangan ground clearance-nya relatif sedikit, yaitu 12 mm untuk depan, 30 mm untuk samping, dan 15 mm untuk belakang.

(sumber: Toyota)

Sebagai pemanis, GR Parts menyediakan GR Sports Muffler untuk bumper belakang dan body stripes yang membuat penampilan lebih gaya.

(Joule)