Pertama Lihat Langsung Bikin Tersenyum, Inilah Sosok Suzuki Wagon R Smile

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 27/Agu/2021 17:46 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Di Indonesia, Suzuki Wagon R kerap identik dengan Karimun, karena memang awalnya berbasis mobil kotak berdimensi mungil tersebut, dan sekarang namanya pun menjadi Karimun Wagon R.

Namun Wagon R untuk pasar Jepang satu ini menawarkan konsep berbeda, dan sesuai namanya bisa membuat siapapun yang melihat tersenyum, yaitu Suzuki Wagon R Smile.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

(sumber: Suzuki)

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

Wagon R Smile pada prinsipnya Wagon R yang ditambah fungsionalitasnya, dan itulah mengapa memiliki bodi tinggi serta sliding door untuk penumpang belakang.

Namun tidak hanya itu saja, Wagon R Smile memakai lampu bulat, gril kotak, serta garnish yang mengelilinginya. Agak kontras dengan garis bodinya, tetapi itulah yang membuat “smile”, karena dengan wajah seperti ini jadi terlihat “unyu”.

Baca Juga:
Diproduksi Lokal, Mitsubishi L100 EV Jadi Kendaraan Niaga Ringan Paling Lengkap Fiturnya

(sumber: Suzuki)

Sementara interiornya bukan hanya lapang karena bodi tinggi tetapi juga dibuat cozy, dan untuk tampilan Suzuki lebih bermain di bentuk yang sederhana dan aksen warna pada dasbor. Selain itu posisi mengemudi juga dibuat tinggi untuk meminimalisir blind spot lebih mudah dikendarai.

Itupun masih ditambah fitur keselamatan aktif Suzuki Safety Support yang dilengkapi kamera omnidirectional untuk membantu menghindari kontak ketika hendak menyalip di jalan sempit.

Wagon R Smile memiliki sliding door-nya dengan bukaan selebar 600 mm dan step height-nya sebesar 345 mm sehingga memudahkan akses keluar-masuk untuk penumpang belakang.

Setidaknya DNA Wagon R di Wagon R Smile ini ada di radius putarnya, yaitu 4,4 m, meski secara horizontal kabinnya lebih luas 65 mm. Berhubung kei-car, tentunya panjang tidak lebih dari 3,4 m, lebar tidak lebih dari 1,48, dan tinggi tidak lebih dari 2 m, begitu juga mesin tetap di bawah 660 cc.

(sumber: Suzuki)

Wagon R Smile memiliki panjang 3,395 m, lebar 1,475 m, dan tinggi 1,695 m, tetapi itu dimensi eksteriornya. Sementara dimensi kabinnya memiliki panjang 2,185 m, lebar 1,345 m, dan tinggi 1,330 m dengan wheelbase 2,460 m.

Kemudian mesin 660 cc-nya bertenaga 49 PS dengan torsi 58 Nm yang disalurkan oleh transmisi CVT, namun tersedia varian hybrid dengan motor listrik DC Synchronouse bertenaga 2,6 PS dan torsi 40 Nm dengan baterai Lithium-ion.

Suzuki menyediakan 12 pilihan warna untuk Wagon R Smile dengan aksen warna interior mengikuti eksterior. Untuk warna aksen interior tergantung warna eksterior dan tipe yang dipilih.

Seperti misalnya kalau memilih warna Indigo Blue Metallic, kalau memilih tipe hybrid aksen warna interiornya navy pearl, sementara kalau tipe-nya non-hybrid warna aksen interiornya ivory.

(Joule)