Penurunan Level PPKM Bangkitkan Antusias Otomotif Jabodetabek

  • Oleh : Julfikri

Senin, 30/Agu/2021 17:58 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang diturunkan levelnya dari 4 menjadi 3 untuk wilayah Jabodetabek, cukup mendorong para antusias otomotif untuk kembali mengadakan meet-up atau kegiatan terkait.

Setidaknya pada tanggal 29 Agustus 2021 tercatat ada 7 acara yang diadakan oleh para antusias otomotif, baik terpublikasi di media sosial maupun privat dalam arti tanpa publikasi di media sosial sehingga hanya orang tertentu saja yang tahu dan diundang.

Baca Juga:
Hidupkan Kembali Suasana Meet-Up Klasik Retro, Carwalk Adakan Event Sunday Wheels Spent

Tentunya acara tersebut diadakan dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) seperti harus memakai masker, menjaga jarak, dan sebagainya, dan itulah mengapa ada yang mengadakan secara privat agar menunjang prokes dengan menjaga massa.

Dari 7 acara tersebut kami meliput 2 diantaranya, yaitu Klasik Retro Sunday Morning Ride (Sunmori) Kumpul Kecil Tipis-Tipis dengan publikasi di media sosial, dan kontes audio Xpander Mitsubishi Owner Club (XMOC) tanpa publikasi di media sosial.

Baca Juga:
Jelang Akhir Tahun 2023, Penggemar Otomotif Serentak Adakan Meet-Up di Akhir Pekan

Baca Juga:
Saling Mendukung Satu Sama Lain, Tiga Komunitas Mobil Lawas Ini Adakan Halal Bi Halal Bareng

Setelah sekitar 4 bulan vakum, komunitas guyub non-partisan Klasik Retro kembali mengadakan Sunmori di Ranch Market Pondok Indah, namun dengan menyesuaikan kondisi PPKM Level 3 sehingga namanya menjadi Sunmori Kumpul Kecil Tipis-Tipis.

Tujuan dari diadakannya Sunmori Kumpul Kecil Tipis-Tipis agar mengobati rasa rindu para antusias untuk meet-up setelah cukup lama vakum karena pandemi, namun tetap dengan prokes.

Meski dipublikasikan di media sosial dan Klasik Retro massanya cukup besar, acara Sunmori Kumpul Kecil Tipis-Tipis dapat terlaksana tanpa adanya kejadian massa yang hadir membludak atau biasa disebut “pecah” secara mendadak.

Kemudian, untuk pertama kalinya komunitas XMOC mengadakan kontes modifikasi namun yang dipertandingkan adalah Sound Quality dalam upgrade audio system-nya, dan hanya terbuka untuk anggota XMOC saja.

Selain untuk mengobati rasa rindu untuk berkumpul, kontes audio di gedung parkir Kemang Village lantai 9 tersebut juga menjadi wadah bagi para anggota XMOC yang gemar memodifikasi mobil dan untuk regulasinya menggandeng Indonesia Car Audio Network (I-CAN).

Meski diadakan secara privat, XMOC tetap menjaga prokes seperti selain diadakan secara privat untuk mengendalikan massa, juga ada orang yang bertugas membagikan masker apabila masker medisnya perlu diganti, dan hand sanitizer untuk menghindari peluang terkena Covid-19. Mobil peserta juga akan disemprot disinfektan sebelum dinilai oleh juri.

Itu berarti PPKM Level 3 cukup membangkitkan para antusias otomotif untuk mengadakan kembali kegiatan terkait otomotif. Tentunya level PPKM diturunkan bukan berarti jadi kendor terhadap prokes agar bisa lebih semarak.

(Joule)