Yuk, Intip Keunikan Suzuki Jimny Penggerak 4x2 yang Ada di Jepang

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 02/Sep/2021 12:14 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Akhir-akhir ini Suzuki Katana, atau Suzuki Jimny versi 4x2 tepatnya berpenggerak roda belakang, menjadi perbincangan, karena digunakan sebagai bahan modifikasi untuk Fitra Eri, Motomobi, dan Ridwan Hanif di program Live Modz Indonesia Modification Expo (IMX) 2021.

Nah, selama ini mungkin para penggemar mobil Japan Domestic Market (JDM) berfikir, bahwa Jimny 4x2 kebanyakan hanya ditujukan untuk pasar di luar Jepang, termasuk Indonesia. Di Negeri Sakura sendiri, Jimny memang biasanya tersedia dalam pilihan 4x4.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Padahal,  di Jepang juga sempat dipasarkan Jimny 4x2 loh, yaitu Suzuki Jimny L dan Jimny J2. Berbeda dengan pasar Indonesia yang berbasis generasi kedua, Jimny L atau J2 memakai basis generasi ketiga dan dirilis sejak tahun 2000.

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

Suzuki Jimny L (sumber: Suzuki)

Jimny L dirancang untuk pelanggan yang hanya mengejar gagahnya tampilan Jimny di perkotaan, dan itulah mengapa Suzuki membuatnya menjadi berpenggerak roda belakang.

Baca Juga:
Mencoba Performa Suzuki Jimny 5-Pintu di Medan Off-road, Begini Kemampuannya

Namun tidak hanya penggerak belakang, Suzuki juga menambah sentuhan di bagian lain agar Jimny L tampil modis dan cocok untuk kaum urban. Seperti pemilihan warna white pearl pada bumper, door handle, cover spion, side under mirror, serta spare tire housing.

Lalu quarter window glass dan kaca pintu belakang sudah memakai smoked glass yang berfungsi untuk menjaga privasi. Untuk interior, joknya tetap memakai bahan fabric, dan jok belakangnya, sudah memakai split foldable double folding agar bisa muat barang lebih banyak.

Selain itu, untuk fitur keselamatan masih ada SRS airbag, dan seatbelt yang sudah pretensioner serta dilengkapi force limiters electromagnetic tension untuk jok pengemudi dan semua penumpang.

Lalu, bodinya sudah memakai Total Effective Control Technology (TECT) yang lebih melindungi pengemudi ketika terjadi benturan. Meski menggunakan teknologi tersebut, bobot Jimny diklaim masih tetap ringan.

Suzuki Jimny J2 (sumber: Suzuki)

Produksi Jimny L hanya sampai tahun 2001 dan diteruskan menjadi Jimny J2 dengan penampilan lebih gaya dari desain bumper, gril, lampu halogen multi-reflektor, pelek steel 15 inci, decal di pintu dan ban serep, hingga lebih ceper 35 mm untuk memudahkan akses keluar masuk pengemudi atau penumpang.

Kemudian untuk interior, jok fabric-nya menggunakan corak berbeda dengan Jimny L. Baik Jimny L maupun Jimny J2 memiliki sejumlah fitur kenyamanan seperti A/C, Radio Tape, keyless entry, material anti bakteri di setir, rem tangan, shift knob, dan handel pintu.

Jimny L dan Jimny J2 hanya tersedia dalam bentuk kei-car dengan mesin 660 cc turbo dan memiliki transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Belum diketahui kapan produksinya berakhir, dan setidaknya hanya 2 Jimny itu saja yang dijual di Jepang dengan penggerak belakang.

(Joule)