Lexus ES Minor Change Resmi Meluncur di Jepang, Begini Sosoknya

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 02/Sep/2021 13:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Lexus telah merilis minor change dari sedan mewah ES untuk pasar Jepang. ES, yang mengawali hidupnya di Jepang sebagai Toyota Windom, dalam minor change-nya menawarkan lebih banyak fitur canggih untuk pemilik yang lebih senang mengendarai sedan hybrid tersebut.

“Tujuannya untuk memperdalam kualitas ES dan menambah nilai baru. Ini akan lebih meningkatkan ketenangan dan kualitas berkendara, dan mobil akan menyesuaikan kemauan pengemudi untuk mengendarainya,” ujar Tetsuya Aoki, Chief Engineer Lexus ES.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Untuk eksterior, memakai desain baru pada lampu depan dengan triple beam, serta teknologi BladeScan Adaptive High-Beam System di baliknya, agar visibilitas berkendara di malam hari lebih jelas dan presisi, sekaligus membuatnya memiliki tatapan lebih tajam.

Selain itu terdapat perubahan desain pada spindle grill-nya dengan mesh pattern yang mengikuti bentuk sekelilingnya.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

(sumber: Lexus)

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Pelek juga sudah memakai desain baru dengan ujung palang lebih tebal dan berlapis dalam formasi “V” untuk menciptakan kesan sporti untuk ukuran 17 inci. Sementara untuk ukuran 18 inci dengan palang multi-axis dan warna hitam membuatnya tampil lebih mewah.

ES juga tersedia warna baru yaitu Sonic Iridium yang memanfaatkan bayangan untuk lebih mengaksentuasi bentuk kendaraan, dan Sonic Chrome warna metalik dengan finishing high-gloss.

Warna Interior Hazel (sumber: Lexus)

Untuk interior terdapat dua warna baru yaitu Hazel dengan ornamen walnut berwarna coklat, dan warna Mauve, dengan ornament walnut berwarna tinta hitam.

Warna Interior Mauve (sumber: Lexus)

Corak ornamennya dibuat dengan metode laser untuk membuat ukiran motif hairline agar menciptakan kesan mewah secara detail.

Sistem multimedia sudah memiliki fitur layar sentuh yang dirancang berdasarkan human-centered approach Lexus.

Jarak antara pengemudi dan layar lebih dekat sekitar 100 mm dan dimiringkan sekitar lima derajat sehingga lebih mudah dijangkau. Sementara layar display menggunakan material kaca untuk meningkatkan visibilitas ketika menggunakannya.

Sejumlah fitur keselamatan aktif Lexus Safety System+ juga ditingkatkan dengan menambah daya jangkau serta responsivitasnya sehingga akan lebih mengurangi peluang terjadinya benturan.

Seperti Pre-Collision system, Emergency Steering Assist, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Control, Automatic High Beam, Road Sign Assist, dan Emergency Driving Support System.

(sumber: Lexus)

Sebagai mobil produksi pertama di dunia dengan spion digital, sistemnya juga telah ditingkatkan kemampuannya sehingga pengemudi dapat melihat objek lebih jelas, terutama ketika mobil di belakangnya dalam kondisi harus menyalakan lampu. Seperti di malam hari, di terowongan, hujan deras, kabut, dan sebagainya.

Suspensi belakang juga sudah memiliki struktur yang memakai dua lembar plat sehingga membuatnya lebih kaku namun tetap nyaman dalam kecepatan tinggi.

Performa pengereman juga turut ditingkatkan, tepatnya kemampuan kontrol dengan mengubah konstanta dari sistem pengereman yang dikontrol secara elektronik.

Selain itu, area kontak untuk kaki pengemudi juga diperluas, dengan mengubah bentuk bantalan pedal rem, sehingga membuat mobil jadi lebih stabil ketika melakukan pengereman.

Kemudian bushing internal yang terhubung ke pedal rem telah diubah agar lebih kaku ketika melakukan pengereman.

(Joule)