Canggih, Hyundai Pamer Robot Unik Berkaki Empat di Indonesia

  • Oleh : ADV

Jum'at, 03/Sep/2021 12:49 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Boleh dibilang, teknologi robotik dan dunia otomotif menjadi dua hal yang saling berkaitan erat. Banyak sekali produk-produk kendaraan hadir dengan menggunakan teknologi canggih, yang diadopsi dari robotik. 

Bila Honda punya robot Asimo, Hyundai ternyata juga punya robot yang tak kalah pintar, namanya Spot. Pada Kamis, (02/09) ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi memperkenalkan Spot kepada mayarakat Indonesia.

Baca Juga:
Sambut Idul Fitri 2024, Hyundai Gowa Adakan Promo Khusus dan Bengkel Siaga 24 Jam

Melalui perkenalan robot pintar berkaki empat hasil kerjasama Hyundai dengan Boston Dynamics itu, HMID ingin menunjukkan visi global Hyundai, ‘Progress for Humanity’, yang menghadirkan era baru robotik. 

Baca Juga:
Semakin Canggih dan Memudahkan, Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Kini Dilengkapi Fitur Bluelink

Makmur, selaku Managing Director PT HMID mengatakan, kehadiran Spot merupakan bentuk perwujutan perusahaan asal Korea Selatan itu, yang tidak hanya sekadar produsen otomotif, tapi juga produsen penyedia layanan mobilitas. 

"Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian kami secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi," ungkap Makmur kepada SoundandMachine di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga:
Pelanggan Upgrade Audio Mobil Listrik Meningkat, Cartens Autosound Pasang EV Charger di Gerainya

Ia menjelaskan bahwa kemungkinan penerapan teknologi robotik ini juga terbuka di sektor otomotif. Mengingat kendaraan-kendaraan di masa depan akan semakin canggih dan membutuhkan kemampuan otomatis seperti yang dimiliki oleh robotik.
 
"Sebagai contoh penerapan robotik ini bisa digunakan di teknologi kendaraan otonom di masa depan. Spot menggunakan camera di berbagai sisi sensor lingkungan, dan begitu juga teknologi otonom juga mengandalkan sensor untuk mengenali lingkungan di sekitar," ungkap Makmur.

Menariknya, keempat kaki Spot dapat bergerak dengan lincah serta mampu menghindari rintangan dan melewati permukaan kasar secara jauh lebih baik dari pada menggunakan roda. Selain itu, keempat kaki tersebut juga cukup kokoh untuk menopang beban hingga maksimal seberat 13,6 kg barang bawaan atau kargo. 

"Hyundai melihat bahwa robotik memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas kehidupan di dunia kerja, di rumah, dan di manapun, dengan cara menghadirkan dukungan lebih bagi masyarakat luas. Ke depannya, kami akan terus mengembangkan konsep mobilitasnya mencakup autonomous car, logistik, dan Urban Air Mobility," kata Makmur.

Nah, buat yang penasaran, Spot akan mempertontonkan aksi-aksi cerdasnya seperti menari dan berjalan mengitari area Hyundai Exhibition untuk menyambut para pengunjung di The Forum, Mall Kelapa Gading 3, dari tanggal 1-5 September 2021, kemudian diikuti dengan serangkaian penampilan di Hyundai City Stores. (EPS)