Honda Mulai Pengujian Kendaraan Otonom Canggih di Jepang

  • Oleh : ADV

Rabu, 08/Sep/2021 14:30 WIB


SoundandMachine.com (Tokyo) - Produsen mobil asal Jepang, Honda, baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memulai program pengujian untuk kendaraan otonom pada September 2021 ini. 

Langkah tersebut diambil Honda, sebagai upaya menuju bisnis layanan Autonomous Vehicle Mobility Service (MaaS) di Negeri Sakura itu, yang rencananya akan diluncurkan oleh Honda berkolaborasi dengan Cruise dan General Motors.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

"Program pengujian teknologi layanan mobilitas kendaraan otonom ini akan dilakukan di Kota Utsunomiya dan Kota Haga, Prefektur Tochigi," jelas Takahiro Hachigo selaku President & Representative Director, Honda Motor Co, Ltd.

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Nantinya, Honda dan Cruise akan bersama-sama mengerjakan program pengujian, yang juga akan dilakukan di lokasi uji operasi baru yang akan didirikan di dalam fasilitas Honda di Prefektur Tochigi.

Sebagai langkah awal untuk mempersiapkan pengujian secara menyeluruh, area tersebut akan dibuatkan peta dengan definisi tinggi menggunakan kendaraan khusus untuk pemetaan. 

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Setelah peta tersebut siap, kendaraan otonom, Cruise AV, akan mulai dikendarai di jalan umum pada tahun 2022 mendatang, untuk mengembangkan dan menguji kendaraan otonom yang disesuaikan dengan lingkungan lalu lintas serta undang-undang dan peraturan terkait di Jepang.

Di masa yang akan datang, Honda bertujuan untuk meluncurkan bisnis kendaraan otonom (MaaS) di Jepang menggunakan Cruise Origin, kendaraan yang dikembangkan bersama oleh Honda, Cruise dan General Motors, khusus untuk bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom. 

Model tersebut adalah sebuah kendaraan tanpa setir, yang dapat mengemudi sendiri. Kendaraan ini memiliki pintu di kedua sisi samping yang terbuka dari tengah. Cruise Origin beroperasi dengan rangkaian sensor berlapis dan AI. Hal ini membuat Cruise Origin mampu untuk melihat di malam hari dan kondisi cuaca yang buruk.

Honda Mobility Solutions Co., Ltd., anak perusahaan Honda untuk bisnis MaaS, akan menjadi operator bisnis tersebut di Jepang. "Honda akan berusaha untuk menciptakan nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat melalui bisnis kendaraan otonom MaaS," pungkas Takahiro. (EPS)