Bikin Gemas, Mobil Listrik Imut Ora Good Cat Dibekali Teknologi Otonom

  • Oleh : ADV

Selasa, 14/Sep/2021 16:16 WIB


SoundandMachine.com (Bangkok) - Great Wall Motor (GWM), raksasa otomotif Cina, telah mengumumkan bahwa pada Februari 2020 lalu, pihaknya telah menandatangani perjanjian untuk membeli pabrik mobil dari General Motors (GM) di Thailand.

Keputusan ini diambil, karena GWM menganggap bahwa kawasan ASEAN memiliki potensi pasar yang besar saat ini, dan bila dikembangkan akan terus membesar. Kabarnya selanjutnya, GWM telah membuka pabriknya di Rayong, Thailand, pada 9 Juni 2021. 

Mengutip dari Bangkok Post, fasilitas Rayong ini akan menjadi rumah bagi SUV Haval 6 dan juga satu model pikap. Lebih jauh, rencananya pabrik di Thailand ini akan menjadi basis produksi pabrikan mobil Cina itu untuk wilayah Asia Tenggara.

Nah, sebagai langkah awal penetrasi penjualan di Negeri Gajah Putih, GWM akan meluncurkan mobil listrik terbaru, bernama Ora Good. Rencananya, mobil tersebut akan diluncurkan mulai bulan depan. 

Ora sendiri adalah merek khusus mobil listrik (EV) dari GMW. Sementara Haval adalah merek khusus model Sport Utility Vehicle (SUV). Sesuai namanya, Good Cat memiliki desain yang unik cenderung menggemaskan karena 'wajahnya' mirip seekor kucing.

"Good Cat adalah hatchback lima pintu yang berukuran panjang 4.235 mm dan lebar 1.825 mm, dengan jarak sumbu roda 2.650 mm," tulis GMW dalam keterangan resminya. Sebagai sumber tenaga, GMW menyediakan dua pilihan kapasitas baterai, yakni 47,8 kWh dan 59,1 kWh.

Masing-masing baterai tersebut, menawarkan jangkauan 401 km dan 501 km. Pengisian daya AC standar membutuhkan waktu delapan jam, sedangkan pengisian cepat DC dari tingkat 30% hingga 80%, dapat dilakukan dalam 30 menit. 

Agar dapat melaju, Good Cat dilenngkapi sebuah motor listrik yang sanggup menghasilkan tenaga 145 PS dan torsi 210 Nm ke roda depan. Waktu akselerasi dari posisi diam hingga 50 km/jam pada mobil berbobot 1.510 kg ini adalah 3,8 detik, sementara kecepatan tertinggi 150 km/jam.

Seperti mobil listrik canggih lainnya, Good Cat hadir dengan fitur mengemudi semi otonom. Fitur itu bernama Ora Pilot Driving, yang mencakup kontrol jelajah adaptif, kontrol throttle otomatis, dan intelligent curve assist. 

Selain itu, Good Cat memiliki fitur Wisdom Dodge, yang mampu mengarahkan si "kucing" menjauh dari kendaraan besar di jalur yang berdekatan, sambil tetap berada di jalurnya sendiri.

Kabar baiknya, setelah Thailand, GMW rencananya juga akan hadir di Indonesia. Salah satu indikasi akan kehadirannya adalah pendaftaran merek Haval dan Ora yang terdapat pada situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Wah, bikin penasaran yah! (EPS)