Dikenal Di Ajang Balap Dunia, Begini Kiprah Komponen Otomotif PIAA Asal Jepang

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 15/Sep/2021 11:30 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Antusias kendaraan off-road seperti SUV dan Pick-up, serta modifikasi bergaya reli atau rally look, semestinya tidak asing lagi dengan brand Jepang yang satu ini, yaitu PIAA.

Di kalangan antusias kendaraan off-road dan rally look PIAA terkenal dengan produk lampu variasi yang menunjang gaya atau konsep modifikasinya.

Baca Juga:
Otoproject Garage Buka Cabang Kedua, Sasar Konsumen Potensial di Kawasan Tangerang Selatan

Namun sebetulnya PIAA bukan hanya produk lampu tambahan, tetapi juga pernik atau variasi yang meningkatkan fungsi dari sebuah kendaraan.

Awalnya PIAA merupakan divisi penjualan komponen untuk perbaikan kendaraan dari Ichikoh Kogyo Co., Ltd.

Baca Juga:
Melebihi Target Penjualan, Produk Kaca Film ICE-U Laris Manis di Pameran GIIAS 2022

Kemudian sejak tahun 1963, Ichikoh membuat PIAA menjadi sebuah anak perusahaan yang menjual produk variasi kendaraan.

Pada tahun 1980, PIAA mulai mengembangkan sendiri produk dengan brand-nya yang inovatif dan tentunya menambah aspek fungsional.

Baca Juga:
Kolaborasi dengan Yoong Motor, YouTuber Otomotif Ridwan Hanif Buka Gerai Variasi Lampu LMP

(sumber: PIAA)

PIAA kesohor di produk lampu variasi yang tak lain karena terlibatannya di sejumlah ajang reli, seperti Royal Automobile Club (RAC) Rally (sekarang Wales Rally GB), dan World Rally Championship (WRC) mulai tahun 1982.

Keterlibatan di ajang motorsport membentuk reputasi bahwa produk PIAA sangat reliabel meski berada di kondisi paling ganas dalam ajang motorsport.

(sumber: PIAA)

Kemudian mulai tahun 1983, PIAA merambah ke produk car carrier dengan brand Terzo, menargetkan antusias otomotif yang suka beraktifitas outdoor.

(sumber: PIAA)

PIAA juga memproduksi pelek forged yang memiliki kekakuan dan kekuatan tinggi namun tetap ringan mulai tahun 1987.

(sumber: PIAA)

Pada tahun 1999, PIAA membuat wiper pertama di dunia yang water repellent dengan bahan silikon.

PIAA masih dimiliki oleh Ichikoh, namun mulai tahun 2017 perusahaan komponen otomotif asal Perancis, Valeo, membeli saham sebesar 55,09% hingga menjadi induk perusahaan Ichikoh.

Kepemilikan saham Ichikoh tersebut membuat nama Valeo ada di dekat logo PIAA, meski peruntukkannya lebih ke banner website resminya.

Selain itu di tahun 2017, PIAA menjadi technical partner Toyota Gazoo Racing untuk beberapa komponen Toyota Yaris WRC seperti lampu depan, lampu utama, dan sebagainya.

Sekarang, PIAA memiliki beberapa produk aftermarket seperti lampu variasi, car carrier dengan brand Terzo, pelek, filter mesin, klakson, wiper, katup radiator, dan komponen generik untuk perbaikan.

Di Indonesia, produk-produk PIAA dapat ditemui di sejumlah gerai modifikasi dan toko aksesori di sejumlah kota. (Joule)