Aplikasi Pembayaran Digital AstraPay Siap Penuhi Kebutuhan Sehari-hari Termasuk Mobilitas

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 16/Sep/2021 18:53 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Pandemi COVID-19 mengubah pola transaksi masyarakat dari tunai menuju digital secara signifikan.

Hal tersebut senada dengan data dari Bank Indonesia yang menyatakan pertumbuhan pesat transaksi digital selama 2021.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Untuk menjawab berbagai kebutuhan konsumen, Astra melalui PT Astra Digital Arta meluncurkan aplikasi pembayaran digital AstraPay agar masyarakat dapat tetap bertransaksi dengan mudah dan aman.

“Sesuai dengan tujuan awal, AstraPay adalah aplikasi pembayaran digital milik Grup Astra yang memberikan kemudahan terhadap pengguna dalam melakukan pembayaran digital,” ujar Meliza Musa Rusli, Chief Executive Officer (CEO) AstraPay dalam keterangan rilisnya (15/9/2021).

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

(sumber: Astra)

Baca Juga:
Dari Penjualan Hingga Kesiapan Mudik 2024, Toyota Semakin Jagokan Kendaraan Elektrifikasi

AstraPay menawarkan pembayaran digital yang sangat dekat dengan kebutuhan transportasi dan mobilitas serta dengan customer service, dimana Astra memiliki reputasi tersebut dengan sangat baik.

Seperti fitur direct payment untuk produk pembayaran angsuran dari layanan Grup Astra.

Saat ini, AstraPay telah bekerja sama dengan FIFGROUP, Toyota Astra Finance (TAF), Astra Credit Companies (ACC), hingga Maucash.

Untuk mendukung program Bank Indonesia dalam memperluas inklusi keuangan digital serta Gerakan Nasional Non-Tunai, AstraPay juga menghadirkan fitur pembayaran QRIS dengan lisensi yang didapat sejak tahun 2020.

”AstraPay berkomitmen mendukung transaksi pembayaran digital di dalam ekosistem Astra maupun luar ekosistem agar transaksi digital berjalan seamless, aman, dan terintegrasi.” ungkap Suparno Djasmin selaku Director-In-Charge dari Astra Financial, Transportation, and Logistic.

Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan pembayaran servis kendaraan di Toyota Sales Operation / TSO, Shop&Drive, Isuzu Sales Operation / ISO, Daihatsu Sales Operation / DSO, dan AHASS.

AstraPay juga telah terintegrasi dengan sistem pembayaran moda transportasi umum, seperti MRT Jakarta dan Transjakarta.

Di luar mobilitas, AstraPay juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik, PDAM, TV kabel, BPJS, pajak, hingga beli pulsa atau paket data.

Selain itu, AstraPay juga bisa dipakai untuk pembayaran diluar mobilitas melalui QRIS, dan sudah ada sekitar 9 juta merchant di seluruh Indonesia.

Untuk standar keamanan data pengguna, AstraPay sudah sesuai regulasi yang berlaku dengan lisensi sebagai Uang Elektronik dari Bank Indonesia sebagaimana surat keputusan No. 22/59/DKSP/Srt/B dan surat keputusan Transfer Dana No. 22/273/DKSP/100.

Di sisi keamanan akses akun, AstraPay telah dilengkapi dengan mekanisme single device authentication. Sistem ini hanya memungkinkan pengguna untuk login akun di satu device saja, sehingga pengguna tetap aman bertransaksi di AstraPay.

Langkah-langkah ini diharapkan menjadi bukti bahwa AstraPay adalah sarana pembayaran digital Grup Astra yang terpercaya, khususnya di kancah layanan keuangan digital Indonesia.

"Kami meyakini kehadiran AstraPay dapat meningkatkan kenyamanan konsumen Indonesia saat melakukan pembayaran digital.” jelas Djasmin.

Aplikasi AstraPay sudah bisa diunduh di Playstore dan Appstore.

(Joule)