Intip Kecanggihan Teknologi Honda Sensing di Honda BR-V Terbaru

  • Oleh : ADV

Kamis, 23/Sep/2021 13:30 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Setelah membuat para pecinta otomotif Tanah Air penasaran, PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya resmi memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua untuk pertama kalinya di dunia, dalam acara peluncuran virtual yang diadakan pada 21 September 2021. 

Generasi kedua Honda BR-V ini, hadir dengan tampilan baru yang benar-benar berbeda dari model sebelumnya, dan berbagai teknologi canggih yang bukan hanya belum ada di generasi terdahulunya, tetapi juga menjadi yang pertama di antara semua model di kelasnya.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

"Honda sangat bangga mempersembahkan generasi kedua All New Honda BR-V yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan konsumen di Indonesia," kata Takehiro Watanabe, President Director PT HPM saat acara peluncuran. Salah satu fitur unggulan yang ada di Honda BR-V terbaru adalah Honda Sensing. 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

Takehiro menyebut, fitur Honda Sensing merupakan serangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan menyeluruh bagi pengemudi dan penumpang dengan memberikan peringatan untuk secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kecelakaan. 

Teknologi Honda Sensing pada All New Honda BR-V meliputi Lead Car Departure Notification System (LCDN), yakni sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh.

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Lalu ada Collision Mitigation Brake System (CMBS), merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. 

"CMBSTM didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan," jelas Takehiro.

Selain itu, ada Lane Keeping Assist System (LKAS), yang membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.

Sedangkan Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar.

Sementara Adaptive Cruise Control (ACC), membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.

"Ada juga Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan," pungkasnya. Namun perlu diingat, bahwa fitur Honda Sensing ini hanya terdapat di varian tertinggi, yakni BR-V Prestige CVT with Honda Sensing. (EPS)