PIAA Oto Style Horn, Solusi Cerdas Untuk Suara Klakson Lebih Berkualitas

  • Oleh : Julfikri

Senin, 27/Sep/2021 13:01 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Fungsi utama sebuah klakson tentu agar objek di sekitar mobil mengetahui keberadaan kita.

Namun sebetulnya klakson itu seperti halnya car audio, termasuk dalam konteks modifikasi, karena soal bagaimana supaya suaranya enak didengar untuk orang di sekitarnya.

Baca Juga:
Lampu Tambahan PIAA LP-570, Lebih Terang dan Bergengsi

Oleh karena itu, dibutuhkan komponen yang berkualitas agar suaranya enak didengar, salah satunya Oto Style Horn, dari produsen komponen otomotif asal Jepang, yaitu PIAA.

Otostyle Horn hadir sebagai penengah untuk orang yang lebih suka bass ataupun treble, sehingga menjadi solusi cerdas untuk suara lebih berkualitas.

Baca Juga:
Lampu Mobil PIAA LED Bulb Kit 6000K, Lebih Terang Dengan Daya Rendah

“Ada orang yang suka ngebas, ada orang yang suka cempreng, tapi Oto Style ini berada di tengah-tengah, tidak ngebas, tidak cempreng. Sangat cocok untuk sedan atau mobil sporti.” buka Suhendra Hanafiyah, Brand Manager PIAA Indonesia kepada SoundandMachine.com di gedung Sumber Berkat Group, Petojo, Jakarta (22/9/2021).

Otostyle Horn memiliki 2 buah keong yang mengeluarkan frekuensi sebesar 400 Hz dan 500 Hz. Ketika dijadikan satu, suara yang sangat keras akan keluar, namun tidak memekakkan telinga dalam arti enak didengar.

“Jadi harmoni suaranya itu sangat nyaman didengar, namun keinginan orang untuk mengetahui keberadaan kendaraan kita itu terjaga. Orang yang diklakson tidak marah, tapi orang tahu ada kendaraan di situ.” jelas Suhendra.

Namun kualitas Otostyle Horn tidak sampai di suara klakson ketika dibunyikan, tetapi juga daya tahan.

Pasalnya, Otostyle Horn sudah dites selama 100.000 sekel dalam kondisi air garam dan dihidupkan terus, hanya turun 6 desibel.

“50.000 sekel itu sudah dapat E-MAX, sertifikat bahwa klakson ini sudah bisa dipasarkan di negara Eropa.” tambah Suhendra.

Selain itu, Oto Style Horn juga didesain waterproof agar air tidak masuk ke dalamnya.

Menariknya, PIAA juga menyediakan stiker untuk ditempel di keong serta tulisan “PIAA” untuk memberi informasi bahwa mobil tersebut memakai produk PIAA.

Oto Style Horn juga memiliki kemasan yang menarik seperti boks ponsel, dan uniknya ada barcode yang bisa discan untuk mendeteksi bahwa produk tersebut asli.

Hanya saja agar kemasannya tidak disalahgunakan, barcode tersebut hanya bisa discan sebanyak 3 kali, yang berarti lebih dari itu ketika discan keluar hasil bahwa produk tersebut palsu.

Lebih menariknya, untuk suara klakson yang lebih berkualitas ini bisa ditebus dengan harga sekitar Rp. 250.000,-.

“Adanya permintaan produk PIAA yang lebih murah, memasyarakat, dan bisa diterima oleh semua kalangan, dibuatlah otostyle ini. Dibuat di China, dengan kualitas QC langsung dari PIAA Jepang.” pungkas Suhendra.

Jadi banyak pilihan produk klakson berkualitas.

(Joule)