Mobil MPV Gerak Depan Tak Kuat Nanjak? Ini Kata Rifat Sungkar

  • Oleh : ADV

Rabu, 06/Okt/2021 14:34 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Saat ini, banyak mitos yang beredar kalau mobil berpenggerak depan tidak bisa menaklukkan tanjakan. Padahal, mobil keluarga ataumulti purpose vehicle ( MPV) dengan penggerak roda depan, ternyata punya banyak kelebihan dan juga manfaat. 

Apalagi, mobil berpenggerak depan pastinya sudah dirancang dan diuji dengan sedemikian rupa sebelum dipasarkan ke konsumen. Menurut Rifat Sungkar, selaku Brand Ambassador Mitsubishi, bagi mobil dengan penggerak roda depan justru memiliki banyak kelebihan, baik dari sisi performa maupun estetika. 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Libur Lebaran 2024, Mitsubishi Buka 7 Posko Siaga dan 50 Bengkel Resmi

"Pertama adalah tenaga dari mesin mobil Front Wheel Drive (FWD) akan langsung disalurkan ke dua roda di bagian depan. Tidak ada proses tenaga melalui gardan untuk menyalurkannya ke roda belakang," tuturnya.

Baca Juga:
Penjualan Xpander dan Pajero Sport Naik, Mitsubishi Perkuat Pangsa Pasar di Indonesia

Selain itu, karena hanya membutuhkan sedikit komponen dan tidak ada gigi transmisi dan poros untuk menyalurkannya ke roda belakang, membuat mobil FWD punya bobot yang lebih ringan.

"Beberapa keunggulan ada pada mobil penggerak roda depan dan untuk kendaraan penumpang sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan jika berbicara masalah daya jelajah seperti kekuatan menanjak antara penggerak roda depan dan belakang. Ada perbedaan hanya pada mobil-mobil beban berat seperti truk," kata Rifat, Senin (04/10).

Baca Juga:
Diproduksi Lokal, Mitsubishi L100 EV Jadi Kendaraan Niaga Ringan Paling Lengkap Fiturnya

Lebih lanjut pria ramah yang juga pembalap nasional itu menjelaskan, keuntungan lain pada mobil dengan penggerak roda depan adalah sisi handling. Ia mengatakan mobil FWD lebih mudah dikendalikan, sehingga pengemudi lebih mudah mengarahkan kendaraan sesuai dengan keinginan.

Sementara dari sisi desian interior, para desainer lebih mudah mengatur ruang kabin belakang karena tidak adanya axle (gardan) belakang. Lantai bisa dibuat rata dan penumpang mendapatkan kenyamanan lebih saat menempuh perjalanan jauh.

Menurut Rifat, hilangnya axle membuat kabin lebih senyap dan tenaga mesin yang disalurkan ke roda pun lebih maksimal. "Misal mobil mesin bertenaga 100 hp, jika mobil penggerak roda belakang, total tenaga yang dikeluarkan ke roda akan terpangkas 35 persen. Jika mobil FWD pasti ada tapi tidak besar," pungkas Rifat.

Bukan hanya itu, mobil berpenggerak roda depan juga unggul saat traksi atau gaya gesek ban mobil dan permukaan jalan terutama ketika hujan. Gaya gesek lebih aman karena roda depan yang menarik roda belakang. 

Selain itu, berat mesin mobil yang berada di depan dapat membantu traksi lebih aman. Jadi, tidak benar bila mobil dengan sistem penggerak roda depan dianggap kurang bisa diandalkan khususnya di jalan yang licin dan menanjak yah! (EPS)