Mulai Robot Hingga Pesawat, Honda Ciptakan Beragam Teknologi Baru

  • Oleh : ADV

Kamis, 07/Okt/2021 11:45 WIB


SoundandMachine.con (Tokyo) - Honda Motor Co., Ltd. baru saja memperkenalkan pengembangan teknologi, yang sesuai dengan visi Honda 2030 untuk melayani orang-orang di seluruh dunia dengan “kesenangan mengembangkan potensi hidup mereka.”

Honda R&D Co., Ltd., mengambil peran utama dalam penelitian dan pengembangan teknologi Honda, untuk melakukan penelitian luar tentang teknologi yang akan membawa nilai baru bagi orang-orang dengan memperluas potensi mobilitas ke 3 dimensi, kemudian 4 dimensi yang menentang batasan ruang dan waktu, dan akhirnya ke luar angkasa.

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

"Inisiatif baru ini dimungkinkan oleh teknologi utama yang telah dikumpulkan Honda hingga saat ini, termasuk teknologi di bidang pembakaran, elektrifikasi, kontrol, dan robotika," ujar Keiji Ohtsu, President and Representative Director of Honda R&D Co., Ltd. 

Baca Juga:
Mulai dari Nol, Honda Kenalkan Mobil Listrik Masa Depan dan Logo Baru Khusus EV

Ia menambahkan, Honda akan berusaha untuk mewujudkan kesenangan dalam mengembangkan potensi kehidupan masyarakat di area baru selain area bisnis yang sudah ada, seperti Pesawat Honda electric Vertical Take-Off and Landing (eVTOL) yang dikembangkan dengan memanfaatkan berbagai teknologi utama Honda.

Honda eVTOL memiliki fitur keselamatan pada tingkat yang setara dengan pesawat penumpang komersial, yang diwujudkan dengan strukturnya yang sederhana dan memungkinkan Honda eVTOL untuk lepas landas dan mendarat di tengah kota tanpa menimbulkan masalah kebisingan.

Baca Juga:
Generasi Terbaru Honda Accord Resmi Meluncur, Tampilan Kian Sporty dengan Teknologi Terkini

Selain itu, Honda dikabarkan juga akan mengembangkan Robot Avatar dengan tujuan untuk memperluas jangkauan kemampuan manusia secara virtual tanpa batasan waktu dan tempat ataupun ruang. 

Robot Avatar Honda akan dilengkapi dengan multi-finger hand, dengan kemampuan untuk mengambil benda kecil dengan ujung jari dengan hati-hati dan kekuatan untuk membuka tutup benda yang rapat.

Rencananya, robot Avatar Honda ini akan melakukan pengujian demonstrasi teknologi, sebelum akhir tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2024. Honda juga memulai inisiatif untuk mengupayakan perluasan aktivitas dan pengembangan manusia di bulan. 

Dalam hal ini, Honda sedang melakukan penelitian bersama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) yang bertujuan untuk berkontribusi pada berbagai aktivitas manusia di permukaan bulan.

Selain itu, terdapat robot yang dikendalikan dari jarak jauh di permukaan bulan untuk meminimalisir risiko yang akan dialami astronot dan memungkinkan orang untuk menikmati pengalaman berada di bulan dari bumi secara virtual. 

Honda juga sedang mengerjakan pengembangan roket kecil. Pengembangan roket ini diprakarsai oleh proposal yang dibuat oleh para insinyur muda Honda yang ingin membangun roket kecil dengan memanfaatkan teknologi utama.

"Semua inisiatif yang kami perkenalkan saat ini adalah untuk tantangan yang diambil Honda di area baru. Melalui penciptaan mobilitas baru, Honda akan terus berusaha untuk mengubah nilai yang diberikan orang pada mobilitas dan membuat perubahan positif bagi masyarakat," pungkas Keiji. (EPS)