Pemudah Konsumen, Piaggio, Honda, KTM dan Yamaha, Bentuk Konsorsium Baterai Motor Listrik

  • Oleh : edo

Minggu, 10/Okt/2021 14:20 WIB
Ilustrasi Vespa Listrik (ist) Ilustrasi Vespa Listrik (ist)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Piaggio Group (PIA.MI), Honda Motor Co., Ltd., KTM AG dan Yamaha Motor Co., Ltd., secara resmi telah menandatangani perjanjian dalam pembuatan Konsorsium Baterai Sepeda Motor yang dapat ditukar.

Melalui konsorsium tersebut, para anggota percaya bahwa ketersediaan baterai yang dikembangkan secara bersama dan dapat saling bertukar, adalah kunci untuk pengembangan elektromobilitas yang memiliki tegangan rendah.

Baca Juga:
Piaggio Gandeng KTM, Honda dan Yamaha Ciptakan konsorsium Baterai Swap Kendaraan Listrik

Tujuan yang mendasari konsorsium tersebut yakni, agar ditemukan solusi untuk kekhawatiran yang dimiliki oleh konsumen, terkait masa depan elektromobilitas, seperti jarak tempuhnya, waktu pengisian daya dan infrastruktur, serta biaya yang nantinya akan dikeluarkan. 

Jadi, nantinya para pemilik kendaraan listrik ringan tak perlu lagi khawatir lagi mengenai pemakaian hingga perawatan baterai kendaraannya, sebab, baterai tersebut dapat ditukar pakai dengan kendaraan dari merek lain yang masuk dalam konsorsium.

Melalui kerjasama erat dengan stakeholder dan negara, Eropa, serta badan standarisasi Internasional, para anggota pendiri Konsorsium akan terlibat dalam menciptakan standar teknis internasional. 

Michele Colaninno, Kepala Strategi dan Produk Piaggio Group mengatakan, mobilitas perkotaan sedang melalui masa transisi menuju elektrifikasi. Berkat konsorsium tersebut, yang diwakili oleh empat brand global besar, sepeda motor akan terus memainkan peran penting dalam konteks perkotaan. 

"Baterai yang dapat ditukar memberikan jawaban yang tepat untuk mempercepat waktu pengisian ulang kendaraan yang menawarkan pilihan tambahan yang berharga bagi pengguna. Mobilitas perkotaan adalah bagian dari DNA dan sejarah Piaggio," tuturnya.

Saat ini, ketersediaan stasiun pengisian daya masih bervariasi antar negara dan informasi yang tersedia, masih sangat terbatas bagi konsumen. Oleh karena itu, melalui konsorsium ini, Piaggio, Honda, KTM dan Yamaha, bertujuan untuk memajukan peningkatan pada kendaraan listrik ringan.

"Anggota pendiri dari industri sepeda motor dan pemangku kepentingan lainnya, akan bekerja sama menuju standarisasi baterai yang dapat ditukar, sistem pengisian daya, dan infrastruktur sekitarnya," kata Yoshishige Nomura, Chief Officer, Motorcycle Operations, Honda Motor Co., Ltd.

Sementara Takuya Kinoshita, Senior Executive Officer, Chief General Manager of Land Mobility Business Operations, Yamaha Motor Co., Ltd menambahkan, Konsorsium Pertukaran Baterai Sepeda Motor di Eropa telah siap untuk dijalani. 

"Kami di Yamaha Motor yakin bahwa melalui inisiatif ini, kami dapat membantu menyatukan spesifikasi dan standar teknis yang berbeda dan berkontribusi untuk memaksimalkan manfaat tenaga listrik bagi customer di seluruh dunia," katanya. (EPS)