Kabar Gembira Buat Penggemar Reli, Stage Park Sentul Bakal Jadi Tempat Main Baru

  • Oleh : Julfikri

Senin, 11/Okt/2021 19:10 WIB


SoundandMachine.com (Bogor) – Buat para antusias modifikasi rally, nanti akan ada tempat main baru untuk memacu kendaraan hasil modifikasinya, yaitu Stage Park Sentul.

Stage Park Sentul telah resmi dilakukan soft launching pada tanggal 9 Oktober 2021 di Jalan Rencana Puncak Dua Babakan Madang Sentul Selatan Kabupaten Bogor.

Baca Juga:
Hadirkan Rasa Goodwood di Sirkuit Sentul, Indonesia Auto Speed Festival 2023 Sukses Digelar

Sirkuit reli tersebut benar-benar didesain menjadi lokasi yang benar-benar khusus reli dengan pembangunan mengacu pada standar Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan juga FIA (Fédération Internationale de l'Automobile).

Artinya lokasi tersebut nantinya bisa digunakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan berbagai kejuaraan balap berskala internasional, dari Asia Pacific Rally Championship (APRC), FIA World Rally Championship (WRC), hingga MXGP.

Baca Juga:
Terinspirasi Event Goodwood, Indonesia Auto Speed Festival Siap Rangkul Para Pecinta Otomotif

(sumber: Stage Park Sentul)

Baca Juga:
Bukan Hanya Buat Gaya, Festival Modifikasi Erotism Tunjukkan Fungsi Lebih dari Suspensi Udara

"Berada di kawasan pegunungan dengan pemandangan indah Sentul Selatan, Kabupaten Bogor, di sekitarnya terdapat berbagai fasilitas penunjang seperti hotel, rumah makan, hingga rumah sakit. Memudahkan para pembalap dan official team yang akan bertanding," ujar Bambang Soesatyo dalam keterangan rilisnya (9/10/21).

Stage Park mulai dibangun pada pertengahan Agustus 2021 dan menggunakan lahan sekitar 5 Ha.

(sumber: Stage Park Sentul)

Pada tahap awal ini telah di bangun Tahap Pertama dengan Panjang lintasan 4.8 KM yang terdiri dari Spesial Stage 1 sepanjang 4.1 Km, dengan jumlah tikungan kekiri sebanyak 15 dan tikungan kekanan sebanyak 18.

Kemudian Spesial Stage 2 sepanjang 4.8 km dengan jumlah tikungan kekiri sebanyak 22 dan tikungan kekanan sebanyak 16  dengan total Panjang lintasan tahap pertama ini sepanjang 4.8 KM

“Sirkuit ini nantinya dikembangkan kedepan untuk Stage atau tahapan berikutnya.” jelas Dwi Irianto, Advisor dari Promotor Pembangunan Sirkuit D MotoBatwar.

(sumber: Stage Park Sentul)

Sementara lintasannya, dilapis dengan pasir dan batu supaya lintasan dapat bertahan lama.

Kemudian gorong-gorong dan saluran air dibeberapa tempat juga dibangun sehingga diharapkan lintasan tidak mengalami perubahan walau hujan deras mengguyur lintasan.

“Beberapa kali hujan deras dan mengguyur lintasan membuat kami perlu melakukan evaluasi ulang atas lintasan yang kami bangun. Pinggir lintasan juga kami perbaiki dengan dengan membuat saluran air.” tambah Dwi.

Lintasan tersebut juga menggunakan chemical Webstof Pro untuk perkerasan lintasan sehingga diharapkan tidak terdapat debu atau kerusakan pada lintasan saat digunakan nanti.

Tentuya sirkuit tersebut tersedia fasilitas Paddock, Park ferme dan fasilitas sosial lainnya seperti Toilet dan Mushola yang sudah kami mulai pembangunannya.

Menariknya, pengelola Stage Park Sentul juga menyediakan pelatihan rally dengan menggunakan instruktur terlatih dan berpengalaman.

Dengan demikian, siapapun bisa belajar menaklukan permukaan aspal dan kerikil, sekaligus belajar menghadapi lintasan reli dengan penggerak roda depan, roda belakang, dan empat roda.

(Joule)