Terinspirasi Event Goodwood, Indonesia Auto Speed Festival Siap Rangkul Para Pecinta Otomotif

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 01/Sep/2023 12:00 WIB
Ilustrasi konten acara Indonesia Auto Speed Festival. Ilustrasi konten acara Indonesia Auto Speed Festival.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Festival motorsport Goodwood Festival of Speed yang diadakan di Inggris merupakan perhelatan yang menjadi sorotan bagi para penggemar otomotif di seluruh dunia tepatnya motorsport, hingga menjadi kiblat.

Perhelatan akbar seperti ini menjadi inspirasi bagi tim balap Jakarta Storm Speed dan Gazpoll Racing Team untuk membuat event serupa, yaitu Indonesia Auto Speed Festival (IASF), pada tanggal 1-3 September 2023 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga:
Hadirkan Rasa Goodwood di Sirkuit Sentul, Indonesia Auto Speed Festival 2023 Sukses Digelar

(sumber: IASF)

Baca Juga:
Bukan Hanya Buat Gaya, Festival Modifikasi Erotism Tunjukkan Fungsi Lebih dari Suspensi Udara

“Walaupun idea ini terinspirasi dari Goodwood Festival Of Speed UK, namun mereka sepakat memberikan beberapa program acara special yang menjadikan gelaran ini lebih unik dan original khas Indonesia. Singkat cerita, dari sebuah obrolan warung kopi, gelaran ini disepakati menjadi ‘Lebarannya Kegiatan Otomotif Indonesia’.” tulis Panitia Pelaksana IASF dalam keterangan resminya (20/8/2023).

Adapun kompetisi yang menjadi konten acara IASF ini adalah sprint rally, drag race, off-road challenge, touring, dan hot lap, mulai tanggal 2 September 2023.

Baca Juga:
Ajak Anggota Komunitas, Ikatan Motor Indonesia Adakan Donor Darah di Sirkuit Sentul

Nantinya, IASF tidak hanya menyuguhkan adu kencang di lintasan atau sebatas dunia motorsport, tetapi juga kegiatan gathering antar komunitas otomotif dan pegiat balap serta autosport entertainment.

Selain itu, IASF juga mengajak UMKM berpartisipasi, bursa aksesori dan onderdil, camper van di sekitar lintasan dengan penyediaan pitch/lahan campervan, hingga tidak kalah menarik, adu kinclong atau auto contest (vote by guest) dari display mobil berkategori klasik-retro.

Klub Mercedes-Benz Club Indonesia juga akan melaksanakan beberapa kegiatan di ajang IASF 2023 ini dengan menggelar parade 1.000 Mercy yang akan melintas dalam Sirkuit Sentul untuk mencetak rekor MURI, pada tanggal 2 September 2023.

Sebagai Inisiator dan pelaksana acara, pihak JSS dan Gazpoll juga akan berusaha menjadikan event ini menjadi sebuah kalender otomotif tahunan di Indonesia, dan itu selaras dengan apa yang saat ini sedang digalakkan oleh Pemerintah, yaitu sector Sport Tourism.

“Harapannya, akan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata Indonesia, seperti halnya kesuksesan dan legenda yang sudah tercipta pada Goodwood Festival of Speed.” pungkas Panitia Pelaksana IASF. (Joule)