Cara Merawat Suzuki New Carry Pikap, Agar Performanya Tetap Optimal

  • Oleh : edo

Kamis, 14/Okt/2021 12:14 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Boleh dibilang, Suzuki Carry pikap menjadi salah satu kendaraan komersial, yang menjadi andalan para pelaku bisnis. Carry pikap selama ini terkenal dengan ketangguhan mesinnya, dan memiliki kapasitas angkut yang besar.

"PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan New Carry Pick Up dengan bak berukuran lebih luas yang mampu mengangkut muatan seberat 1 ton dan dapat dibuka dari 3 sisi," ujar Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT SIS.

Baca Juga:
Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Rem Blong Ketika Berkendara

Suzuki Carry pikap memiliki bak berukuran lebih luas, yaitu panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm. Bak tersebut dilengkapi dengan pengait di sekelilingnya, yang digunakan untuk mengikat barang agar lebih aman selama perjalanan.

Baca Juga:
Jangan Asal, Ini Tips Posisi Duduk Nyaman dan Aman Saat Berkendara Ala Suzuki

Ia menambahkan, Suzuki Carry hadir dengan mengusung konsep ILMU, yaitu Irit bensin dan perawatannya, Lama umur pakainya, Muatnya banyak, dan Untung di ujung. Carry pikap, hadir sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Kerap digunakan dalam mobilitas yang padat dan berat dalam pemakaiannya, Hariadi mengungkap bahwa ada beberapa anjuran penggunaan dan perawatan yang benar, agar kendaraan tersebut dapat terus bekerja dengan optimal dan memiliki umur pakai yang lama. Diantaranya:

Baca Juga:
Suzuki Jimny di Indonesia Kena Recall, Ternyata Ini Penyebabnya

1. Perhatikan Kondisi Ban

Pertama yakni perhatikan tekanan udara pada ban, agar selalu sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku pedoman pemilik kendaraan. 

Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga performa traksi ban tetap optimal yang sekaligus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan fungsi pengereman. Pastikan juga cek ketebalan permukaan tapak ban.

2. Perhatikan Fungsi Lampu dan Wiper

Memasuki musim penghujan, pastikan semua lampu dan wiper berfungsi normal. Lampu depan/headlamp, lampu tanda belok, lampu rem dan wiper juga memiliki peran terhadap
kinerja dan keselamatan pengendara.

Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik agar dapat menerangi perjalanan ataupun terlihat oleh pengendara lain, terlebih pada kondisi malam hari. Jangan memodifikasi lampu atau kelistrikan lainnya terkait dengan fungsi lampu. 

3. Tepat Dalam Membawa Jumlah dan Bobot Muatan

Kapasitas bak New Carry pikap yang besar sangat menguntungkan bagi pengendara, namun cara penempatan barang di bak memberi pengaruh cukup signifikan jika dilakukan dengan baik. 

Letakkan barang yang berbobot lebih berat pada bagian terdepan dari bak muatan, dan barang berbobot lebih ringan pada bagian paling belakang. Trik pembagian beban tersebut dapat menjaga kestabilan kendaraan saat digunakan. 

"Suzuki menyarankan kepada pengendara untuk tidak mengangkut barang melebihi batas berat maksimal 1 ton dan tidak membawa muatan yang bentuknya melebihi panjang dan ketinggian kendaraan," jelas Hariadi.

4. Jaga Kebersihan Interior

Menjaga kebersihan bagian dalam kendaraan juga merupakan poin penting. Hal ini dilakukan agar pengendara tetap nyaman dan membuat kendaraan lebih awet karena terjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan mobil dapat dilakukan menggunakan vacum cleaner khusus mobil.

"Kurangnya perhatian terhadap kendaraan dapat membahayakan diri sendiri dan pengemudi lainnya di jalan. Maka dari itu, lakukanlah perawatan secara rutin baik di rumah maupun di bengkel resmi Suzuki terdekat," tutup Hariadi. (EPS)