Bukan GR Yaris, Ini Dia Hatchback 3 Pintu Pertama Toyota Gazoo Racing

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 22/Okt/2021 10:30 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – GR Yaris merupakan hatchback 3 pintu pertama yang dibuat dari nol untuk menjadi sebuah mobil Toyota Gazoo Racing.

Namun GR Yaris bukan hatchback 3 pintu pertama Toyota Gazoo Racing secara keseluruhan, karena ada yang lebih awal lagi, yaitu Toyota iQ Gazoo Racing Tuned by MN (GRMN) keluaran 2009.

Baca Juga:
Pakai Mesin Hybrid, Toyota GR Yaris Siap Tempur di Ajang WRC 2022

Menariknya, iQ GRMN merupakan Toyota Gazoo Racing pertama yang masuk dalam lini mobil produksi Toyota sejak peluncuran Gazoo Racing Project pada tahun 2007.

Sesuai namanya iQ GRMN memakai basis dari hatchback 3 pintu yaitu Toyota iQ yang dimodifikasi atas arahan Hiromu Naruse, master test driver Toyota dengan konsep joy of driving in every situation.

Baca Juga:
Lebih Impresif, Toyota Luncurkan GR Yaris GRMN di Toyota Auto Salon 2022

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Baca Juga:
Toyota Akan Pamerkan GR Yaris Modifikasi dan Mobil Konsep GT3 di Tokyo Auto Salon 2022

Sekedar tambahan informasi, Naruse merupakan master test driver Toyota yang menjadi figur “MN” atau “Meister of Nurburgring” dari GRMN yang wafat pada tahun 2010 silam karena kecelakaan ketika tes Lexus LF-A di Jerman.

Untuk mewujudkan konsep tersebut, Toyota memodifikasi suspensi, menambahkan rem cakram untuk roda belakang serta penguat sasis, dan menyematkan transmisi manual 6-percepatan, yang waktu itu untuk pasar Jepang iQ baru tersedia transmisi CVT.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Sebagai pembeda, selain modifikasi suspensi yang membuatnya lebih ceper 30 mm, Toyota memodifikasi bagian eksterior seperti pelek 16 inci, rear roof extension, dan emblem GRMN.

Toyota juga menyediakan opsi modifikasi eksterior seperti front bumper spoiler, fog lamp depan, side mudguard, rear bumper spoiler, knalpot tengah, dan decal.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Kemudian untuk interior, Toyota menyematkan tachometer, pedal aluminium, door scuff emblem GRMN, dan sebagai opsi sports seat cover yang menimbulkan atmosfir sporti pada kabin.

Berikutnya untuk mesin tetap dibiarkan standar, yaitu 1.300 cc berkode 1 NR-FE dengan tenaga 98 PS dan torsi 123 Nm.

iQ GRMN berpenggerak front wheel drive, hanya tersedia warna putih, dan dijual sebanyak 100 unit.

(Joule)