Meski Persaingan Ketat, Mitsubishi Xpander Masih Jadi Favorit di Kelas LMPV

  • Oleh : ADV

Selasa, 26/Okt/2021 16:42 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Tak dapat dipungkiri, Mitsubishi Xpander merupakan salah satu model kendaraan di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang saat ini digemari oleh masyarakat Indonesia. Meski persaingan di kelas LMPV sangat ketat, namun Xpander berhasil unggulan.

Memiliki desain sporty, serta bekal fitur keamanan dan kenyamanan yang canggih di kelasnya, Xpander yang pertama kali diluncurkan di ajang GIIAS 2017 tersebut, dinilai menjadi mobil yang andal untuk aktivitas sehari-hari, atau berpergian bersama keluarga. 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Libur Lebaran 2024, Mitsubishi Buka 7 Posko Siaga dan 50 Bengkel Resmi

Berbekal kepopuleran yang diraih, tak mengherankan apabila Xpander lantas menjadi produk terlaris Mitsubishi. Apalagi, Xpander memang didesain agar sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar Indonesia. 

Baca Juga:
Penjualan Xpander dan Pajero Sport Naik, Mitsubishi Perkuat Pangsa Pasar di Indonesia

"Kalau Xpander, awalnya diproduksi khusus untuk desain di Indonesia sesuai permintaan pasar Indonesia. Indonesia jadi pasar yang utama," ujar Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Saat ini, total populasi Mitsubishi Xpander sejak pertama kali diluncurkan empat tahun lalu hingga Juli 2021, mendekati angka 200.000 unit. Bahkan, bulan September 2021, Mitsubishi Xpander (termasuk varian Xpander Cross) mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan MMKSI dengan lebih dari 38%. 

Baca Juga:
Diproduksi Lokal, Mitsubishi L100 EV Jadi Kendaraan Niaga Ringan Paling Lengkap Fiturnya

Pada bulan tersebut, Xpander termasuk Xpander Cross, mampu menjaga pangsa pasar di segmen small MPV lebih dari 30%, dan terjual 3.398 unit. Tingginya angka penjualan Xpander, salah satunya disebabkan oleh adanya kebijakan PPnBM yang dimanfaatkan dengan baik oleh konsumen.

Dari data yang didapat, selama enam bulan pemberlakuan insentif PPnBM 100% (Maret – Agustus 2021), MMKSI mencatat bahwa Xpander dan Xpander Cross telah terjual lebih dari 26.000 unit (data penjualan retail).

Selain itu, Xpander menjadi pilihan masyarakat, karena LMPV tersebut dibekali beragam fitur canggih, termasuk ruang kabin yang lega. Fitur keselamatan yang diusung Xpander diantaranya yakni teknologi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE), yang membuat bodi mobil menjadi rigid dan lebih stabil. 

Lalu, terdapat juga seatbelt 3 titik dengan sistem pretension dan force limiter, untuk pengemudi dan penumpang di baris depan sampai baris belakang. Tak ketinggalan, ada dua airbag, serta rem ABS yang dilengkapi dengan electronic brake distribution (EBD) dan brake assist (BA).

Selanjutnya juga ada fitur Emergency Stop Signal (ESS), yang mampu memberikan informasi kepada kendaraan lain di belakang, melalui lampu hazard yang akan menyala berkedip-kedip jika pengemudi mengerem secara mendadak. 

Ada juga Hill Start Assist (HSA), yang akan mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik, saat akan melaju di jalanan menanjak. Fitur lainnya, yakni Active Stability Control (ASC), yang akan secara otomatis bekerja mengontrol laju mobil saat bermanuver di jalanan licin sehingga tidak mudah tergelincir.

Guna menghadirkan visibilitas dan memberikan kenyamanan kepada pengendara, khususnya di malam hari, Xpander dilengkapi lampu LED pada bagian head lamp, dengan lighting range yang lebih luas. Saat ini, Mitsubishi Xpander Ultimate sebagai varian tertinggi dipasarkan dengan banderol Rp 278.900.000 (OTR Jakarta). (EPS)