Generasi Kedua Toyota 86 Resmi Diluncurkan di Jepang, Ada Perbedaan Dengan Subaru BRZ?

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 28/Okt/2021 13:46 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Setelah peluncuran Subaru BRZ pada bulan Juli 2021 silam, giliran Toyota yang meluncurkan kembarannya untuk pasar Jepang, yaitu Toyota GR 86.

GR 86 atau generasi kedua dari sportscar Toyota 86, telah resmi berganti nama manjadi GR 86 sehingga menjadi yang ketiga setelah GR Supra dan GR Yaris.

Baca Juga:
Paket Komplit untuk Mobilitas Ramah Lingkungan, Toyota Perkenalkan RAV4 GR Sport di JAW 2023

Seperti yang diketahui, khusus lini sportscar, Toyota memutuskan untuk memakai nama Toyota Gazoo Racing atau dikenal sebagai “GR” dengan format GRnama mobil.

Baca Juga:
Ramah Lingkungan Tetap Fun to Drive, Toyota Luncurkan Corolla Cross Hybrid GR Sport di IIMS 2023

(sumber: Toyota)

Meski secara teknis sama, tentunya Toyota membedakan antara GR 86 dan BRZ untuk friendly rivalry dengan Subaru.

Baca Juga:
Bukan LCGC Lagi, Toyota All-New Agya GR Sport Naik Kelas. Harganya Masih Terjangkau?

Perbedaan tersebut sudah terlihat dari eksteriornya yang lebih dari sekedar logo manufaktur, tepatnya di lampu, bumper, dan batok spion.

(sumber: Toyota)

Kemudian untuk interior, perbedaan utamanya sebatas aksen merah di door trim dan karpet, selebihnya karena masing-masing identitas manufaktur, seperti logo GR yang berada di setir dan engine start/stop button.

Perbedaan yang lebih terlihat antara BRZ dan GR 86 adalah varian yang mengikuti tradisi untuk lini GR Toyota, yaitu RZ dan SZ setelah GR Supra, dan RC setelah GR Yaris.

Dari ketiga varian tersebut, perbedaannya lebih kepada eksterior dan interior, sementara mesin dan transmisi tetap sama, yaitu 2.400 cc FA24 bertenaga 235 PS dengan transmisi manual atau otomatis 6-percepatan.

Toyota GR 86 RC (sumber: Toyota)

RC merupakan varian yang paling murah dari GR 86 dan dirancang memudahkan para tuner atau modifikator untuk memodifikasinya.

Itulah mengapa GR 86 RC memakai pelek steel 16 inci, jok berbahan kain, shift knob berbahan uretan, pedal berbahan resin, dan hanya tersedia manual 6-percepatan.

Interior Toyota GR 86 RC (sumber: Toyota)

Varian semi-balap tersebut baru ada di GR 86, sementara untuk BRZ, sampai sekarang belum ada.

Kemudian untuk harga, GR 86 senilai 3.512.000 Yen atau sekitar Rp. 439 juta, sementara BRZ 3.351.700 Yen atau sekitar Rp. 419 juta yang berarti tipe tertinggi GR 86 lebih mahal dari BRZ.

Namun menariknya, tipe paling rendah BRZ malah lebih mahal dari tipe tengahnya GR 86, tepatnya 3.259.196 Yen atau sekitar Rp. 407 juta untuk BRZ, sementara GR 86 senilai 3.036.000 Yen atau sekitar Rp. 379 juta.

(sumber: Toyota)

Baik GR 86 maupun BRZ, keduanya memiliki aspek engineering yang sama-sama diimprovisasi dari generasi sebelumnya, seperti mesin, kaki-kaki, sasis, struktur bodi hingga teknologi keselamatan.

Dengan terungkapnya detail GR 86, bisa disimpulkan bahwa perbedaan antara GR 86 dengan BRZ antara kosmetik dan varian, sementara untuk aspek teknis sama.

Itu berarti apakah lebih baik GR 86 atau BRZ, jawabannya lebih ke selera atau preferensi masing-masing, karena perbedaannya sebatas eksterior dan interior tadi.

(Joule)