Kabar Gembira Buat Para Kolektor, Suku Cadang Toyota AE86 Bakal Diproduksi Kembali

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 02/Nov/2021 13:13 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota Gazoo Racing terus memperluas lini mobil yang dihentikan produksinya untuk dibuatkan kembali suku cadangnya melalui program heritage parts.

Setelah Supra, 2000GT, dan Land Cruiser 40, mobil lawas yang diproduksi kembali suku cadangnya kali ini adalah Toyota AE86, baik Corolla Levin maupun Sprinter Trueno.

Toyota Corolla Levin AE86 (sumber: Toyota)

Toyota AE86 merupakan sports model dari Corolla atau Sprinter generasi kelima, yang disebut sebagai Corolla Levin atau Sprinter Trueno. Di generasi tersebut, Corolla atau Sprinter berada di masa transisi perpindahan penggerak dari belakang ke depan.

Itulah mengapa Corolla atau Sprinter selain AE86 seperti sedan, wagon, liftback atau hatchback, sudah berpenggerak depan, sementara AE86 masih berpenggerak belakang. Hal itu juga menjadi salah satu asalan AE86 kini menjadi buruan para kolektor di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Toyota Sprinter Trueno AE86 (sumber: Toyota)

AE86 menjadi Corolla atau Sprinter terakhir berpenggerak belakang dari seluruh generasi. Toyota Gazoo Racing memproduksi kembali suku cadang AE86, meskipun popularitasnya masih sangat tinggi termasuk di Jepang. Suku cadang tersebut dijual di dealer resmi seperti halnya untuk mobil terbaru.

Hanya saja diproduksi dalam waktu terbatas dalam arti setiap komponen tersebut akan tersedia selama stoknya masih ada, karena bekerjasama dengan special supplier.

dari kiri ke kanan: rem kaliper belakang, steering knuckle arms, dan rear driveshafts AE86 yang diproduksi kembali (sumber: Toyota)

Komponen yang tersedia mulai 1 November 2021 antara lain rem kaliper belakang dan steering knuckle arms, sementara mulai 1 Desember 2021 akan tersedia rear driveshafts.

(Joule)