Penjualan Suku Cadang Suzuki Tahun 2021 Didominasi Kendaraan Roda Empat

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 19/Nov/2021 17:25 WIB


SoundandMachine.com (Tangerang) – PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan penjualan suku cadang atau sparepart, melalui sesi media discussion di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Setelah mengalami lika-liku penjualan sparepart karena pandemi Covid-19, hingga Oktober 2021 penjualan sparepart kendaraan Suzuki masih didominasi oleh kendaraan roda empat.

Baca Juga:
Bebas Perawatan, Suzuki Berikan Garansi Panjang Baterai Lithium-ion di All New Ertiga Hybrid

Penjualan sparepart kendaraan roda empat tersebut mencakup mobil penumpang dan juga komersil.

“Kontribusi penjualan kami masih tetap yang tertinggi adalah mobil, yaitu 64,9% dari Suzuki Genuine Parts.” buka Dessy Karmilasa, Section Head Domestic Parts Sales kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers-nya (19/11/2021).

Baca Juga:
Suzuki Kenalkan Teknologi Elektrifikasi Baru, All New Ertiga Hybrid Menyapa 34 Kota di Indonesia

(sumber: Suzuki)

Baca Juga:
All New Ertiga Hybrid Tampil Full Line-up, Suzuki Berikan Promo Pembelian Menarik

Selain karena situasi dan kondisi, inovasi sangat berperan penting untuk meningkatkan penjualan, salah satunya karena penjualan sparepart melalui aplikasi MySuzuki.

MySuzuki yang sebetulnya sudah disiapkan dari tahun 2018, hadir untuk menghadapi era digitalisasi, dan ternyata sangat menolong dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 sedang tinggi.

Aplikasi tersebut seperti e-commerce, tetapi dengan informasi yang lebih real-time mulai dari stok produk hingga jaringan suplai yang sudah aktif hingga 24 dealer mobil, meskipun belum sampai wilayah Indonesia Timur.

“Mungkin ini karena ada PPKM, kemudian lebih banyak karyawan yang WFH, sehingga MySuzuki bisa sangat membantu customer yang tidak bisa keluar.” jelas perwakilan dari Sparepart Head PT. SIS yang berhalangan hadir di media discussion tersebut.

Suzuki juga terus melakukan improvisasi pada logistiknya, melalui rencana untuk membangun depo sparepart di Surabaya, Jawa Timur.

Depo tersebut akan membantu mempersingkat waktu pengiriman untuk konsumen yang berada di wilayah Indonesia Timur.

“Di dealer Papua, sampai lebih dari 21 hari baru sampai, sehingga diharapkan dengan adanya depo di Surabaya, maksimal 15 hari.” jelas Dessy.

Suzuki juga akan terus menambah outlet dengan target 1 kota atau kabupaten ada 1 outlet di seluruh Indonesia.

Kembali ke sparepart roda empat, dari 64,9% tersebut komponen yang paling dicari adalah accident part dan electrical part selain fast moving.

“Kami harap di bulan November dan Desember ini, jika kondisinya stabil, target kami secara total 94% dibandingkan tahun 2019 dalam kondisi normal.” pungkas Dessy.

(Joule)