Berawal dari Kopdar, Tropi Berkembang Jadi Event Mobil Klasik dan Retro Skala Menengah

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 23/Nov/2021 17:16 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Retro Ngopi atau Tropi, awalnya hanya acara kumpul kopdar (kopi darat) para pemilik mobil klasik dan retro di sebuah kafe atau restoran.

Namun setelah diadakan yang keenam kalinya, Tropi berkembang menjadi sebuah event skala menengah, karena lebih dari sekedar kumpul dan berada di salah satu lokasi ternama di Jakarta.

Baca Juga:
Meet-up Road to Spark O Fest 2022 Bidik Para Pemilik Mobil Modifikasi Proper

Pasalnya, Tropi keenam diadakan di Senayan Park, Jakarta, yang menghadirkan sejumlah konten terkait mobil klasik atau retro, seperti kumpul mobil klasik atau retro, kontes, dan lapak bagasi.

Baca Juga:
Road to Japanese Wheels Meet-Up 3 Bidik Para Pemakai Pelek Aftermarket Jepang

“Event anak-anak retro itu hampir 2 tahun gak ada karena pandemi. Mereka pada kangen, coba adain situasi pandemi agak longgar.” buka Yoko, Penggagas Acara Tropi kepada SoundandMachine.com di Senayan Park, Jakarta (21/11/2021).

Tropi keenam menjadi magnet para pemilik mobil klasik atau retro untuk berkumpul di lokasinya, usai menghadiri sebuah acara.

Baca Juga:
Pandemi Reda, Komunitas Old School Indonesia Gelar Meet-Up Halal bi Halal di Senayan Park

Sebut saja, para pemilik mobil klasik atau retro yang datang ke acara kumpul Euro Retro Enthusiast di Cilandak Town Square, atau Klasik Retro di Ranch Market Pondok Indah.

Kedua acara tersebut diadakan di hari yang sama namun pagi harinya, tetapi usai acara, para pemilik mobil klasik atau retro berangkat menuju Senayan Park untuk menghadiri perhelatan Tropi.

Berdasarkan dokumentasi kami, setidaknya ada lebih dari 100 mobil klasik atau retro yang hadir meramaikan Tropi Keenam.

Selain acara kumpul, juga ada lapak bagasi dan bursa jual-beli mobil klasik atau retro yang barang dagangannya mengingatkan kami acara Otobursa Tumplek Blek dan Pasar Jongkok Otomotif.

Pasalnya, komponen copotan atau printilan mobil klasik atau retro, barang aftermarket new old stock, serta bursa otomotifnya, merupakan barang dagangan yang biasa ada di Otobursa Tumplek Blek atau Pasar Jongkok Otomotif.

Tropi keenam juga mengadakan kontes mobil klasik atau retro, untuk memperebutkan satu dari 19 kategori penghargaan, serta kategori terbaik dari seluruh peserta.

Kategori tersebut antara lain sedan, station wagon, coupe, jip, pick-up, MPV, Japan, America, Europe, Rally Look, Racing Look, Patina Look, Paint, modification, interior modification, engne modification, standard, dan original.

Peserta yang meraih penghargaan kategori paling banyak akan mendapatkan best show atau terbaik dari seluruh peserta.

“Sesuai dengan kelasnya, kita menilai mobil itu secara fisik mobil, layak atau tidak dia mendapatkan kategori The Best. Intinya, sesuai atau tidak dengan kategori yang dia ikutin kelas yang ada.” jelas Benny Dado, Kepala Juri Kontes Mobil Klasik atau Retro.

Solidaritas sesama pemilik mobil klasik atau retro menjadi modal utama terlaksananya acara Tropi keenam di Senayan Park.

Pasalnya, para pemilik mobil klasik atau retro, baik dari kalangan komunitas maupun pemilik bidang usaha, bahu membahu mendirikan acara Tropi keenam.

Sebut saja Prabuss Autoworks, Bocah Touring Retro, DX Jakarta, SF413 Club, 416.ID, Datsun Jakarta, Bintaro Classic Retro Community, Prapanca Racing, Indonesia Starlet Club, Auto Retro Community, dan masih banyak lagi,

Hanya saja, untuk Tropi ke depannya, benar-benar tergantung situasi dan kondisi, dalam arti Yoko belum bisa bicara apakah akan lebih besar atau tidak.

“Tropi sekarang ini benar-benar dadakan, 20 hari aja persiapan, tidak ada sponsor, jadi benar-benar dari teman dekat aja, hampir 80% mensupport.” pungkas Yoko.

(Joule)