Diam-diam, Suzuki Lagi Siapkan Mobil Listrik Pengganti Karimun Wagon R

  • Oleh : ADV

Kamis, 25/Nov/2021 16:13 WIB
Iustrasi Mobil Listrik Suzuki Iustrasi Mobil Listrik Suzuki

SoundandMachine.com (Jakarta) - Demi mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan bersih, Pemerintah Indonesia saat ini tengah mencanangkan program percepatan, dalam rangka menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada 2030.

Sejalan dengan hal tersebut, Suzuki Indonesia turut mendukung dengan memfokuskan diri pada pengembangan kendaraan elektrifikasi (listrik). Menurut Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia, hal ini juga menjadi bagian dari rencana jangka panjang produsen mobil asal Jepang tersebut.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

"Perusahaan berkomitmen untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan yang sesuai kebutuhan masyarakat. Suzuki akan fokus pada kendaraan elektrifikasi yang terjangkau dan Kami juga sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat," tutur Shodiq dalam keterangan resminya, Rabu (24/11).

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

Meski berencana mengembangkan kendaraan listrik, namun ia mengungkap bahwa Suzuki juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. "Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid," katanya.

Pengembangan teknologi hybrid yang Suzuki lakukan, dinilai sebagai langkah awal perusahaan dalam mengenalkan teknologi elektrifikasi yang sejalan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini. 

Baca Juga:
Mencoba Performa Suzuki Jimny 5-Pintu di Medan Off-road, Begini Kemampuannya

Ke depannya, Suzuki akan terus berinovasi mengembangkan kendaraan elektrifikasi lainnya secara bertahap. "Komitmen untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan ini mengharuskan Perusahaan mengalihkan prioritasnya," ucap Shodiq.

Oleh karena adanya fokus terhadap kendaraan elektrifikasi, turut berdampak terhadap berhentinya produksi salah satu kendaraan konvensional legendaris Suzuki, yaitu Karimun Wagon R. Meski begitu, penghentian produksi Karimun Wagon R ini hanya berlaku untuk pasar domestik.

"Dengan berat hati kami harus menghentikan produksi Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri. Namun, kami akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi," pungkasnya. 

Sayangnya, Shodiq belum mau mengungkap mobil listrik apa yang akan dihadirkan oleh Suzuki. Kita tunggu saja ya! (EPS)