Dibekali Mesin Hybrid, Tampilan Suzuki S-Cross Terbaru Makin Gagah dan Sporty

  • Oleh : ADV

Senin, 29/Nov/2021 17:28 WIB


SoundandMachine.com (Hungaria) - Suzuki dikabarkan telah meluncurkan S-Cross generasi ketiga, untuk menggantikan model generasi kedua yang telah ada sejak 2013. Diproduksi di pabrik Magyar Suzuki di Hungaria, mobil tersebut pertama kali akan dijual di Eropa, sebelum diekspor ke pasar Amerika Latin, Oceania dan Asia.

Dibandingkan dengan pendahulunya, S-Cross baru menampilkan desain yang lebih berani dan lebih mirip SUV berukuran besar, dengan sorotan pada bagian depan berbentuk tegas, yang menampilkan gril besar berwarna hitam. 

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Gril tersebut, tampak harmonis dengan paduan bilah krom yang menghubungkan lampu depan LED berbentuk tajam. Lampu ini, diposisikan lebih tinggi dari model sebelumnya dan setiap cluster memiliki lampu tiga posisi.

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

Perombakan juga terlihat pada kap mesin yang lebih tinggi, sementara apron bawah mendapat sekeliling lampu kabut persegi panjang dan aksen plastik berwarna hitam, yang juga diterapkan pada lengkungan roda, serta bemper belakang.

S-Cross terbaru mengadopsi lampu belakang terkoneksi, karena kluster lampu belakang LED yang ramping dihubungkan oleh bagian trim di pintu belakang yang menyandang logo Suzuki.

Baca Juga:
Mencoba Performa Suzuki Jimny 5-Pintu di Medan Off-road, Begini Kemampuannya

Meskipun desainnya tentu lebih segar dan jauh lebih modern dari sebelumnya, dimensi S-Cross tetap tidak berubah. Menurut Suzuki, S-Cross memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.785 mm, tinggi 1.585 mm, dan jarak sumbu roda 2.600 mm. 

Di dalam, ada beberapa kesamaan desain dengan model lama, seperti di bagian roda kemudi, konsol tengah, dan ventilasi udara. Fitur-fitur lainnya yakni ada Head Unit touchscreen 9 inci yang support Android Auto dan Apple Carplay, navigasi, panoramic sunroof, kamera 360 derajat dan adaptive cruise control.

Sebagai tenaga penggerak, S-Cross dibekali mesin Suzuki K14D Boosterjet empat silinder 1,4 liter turbocharged yang sanggup menghasilkan tenaga 127 hp pada 5.500 rpm dan torsi 235 Nm dari 2.000-3.000 rpm.

Sumber tenaga ini ditambah dengan sistem hybrid ringan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) 48 volt, yang terdiri dari baterai lithium-ion, konverter 48 volt hingga 12 volt (DC/DC) dan motor listrik yang jadi pertanda bahwa S-Cross ini adalah mobil mild hybrid. 

Suzuki mengklaim, motor listrik yang digunakan dapat membantu meminimalkan konsumsi bahan bakar dan juga membantu akselerasi dengan memberikan tambahan dorongan tenaga 13 hp dan torsi 53 Nm saat dibutuhkan.

Di masa depan, Suzuki berencana juga akan menawarkan versi "Strong Hybrid" dari S-Cross yang menggabungkan mesin pembakaran internal dengan Motor Generator Unit (MGU) dan Auto Gear Shift (AGS). (EPS)