Volvo Luncurkan 3 truk Generasi Anyar dengan Bekal Teknologi Terkini

  • Oleh : ADV

Senin, 29/Nov/2021 19:15 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Volvo Trucks Indonesia, telah berkiprah di Indonesia sejak sekitar tahun 1980 dan dikenal handal beroperasi di segala medan, serta segmen operasi. Mulai dari logistik & distribusi, pertambangan, forestry, konstruksi, material handling  angkutan berat. 

Kini, untuk pasar Indonesia, Volvo Trucks baru saja memperkenalkan generasi terbaru dari Volvo FM-FMX dan FH16, yang merupakan generasi ke 4 sejak pertama kali diperkenalkan di pasar pada tahun 1996. 

Baca Juga:
Aktif Ketika Parkir, Volvo Hadirkan Teknologi Streaming Video di Mobil Listriknya

Presiden Director PT Wahana Inti Selaras Bambang Prijono mengatakan, generasi terbaru tersebut akan menjawab kebutuhan pasar Indonesia dalam segi produktivitas, efisiensi dan keselamatan.

"Kami memastikan evolusi dari Volvo Trucks ini akan menawarkan lebih dari sekadar performa. Evolusi yang diberikan Volvo Trucks akan memenuhi setiap kebutuhan bisnis anda untuk berbagai lini, mulai dari pertambangan hingga konstruksi," kata Bambang dalam keterangan resminya, Jumat (26/11).

Ia menambahkan, peningkatan performa dan produktivitas adalah kunci utama dalam pengembangan truk baru Volvo. Ini dibuktikan dengan naiknya kapasitas axle hingga 38 ton dan penyempurnaan berbagai fitur yang dimiliki semua seri Volvo Trucks di Indonesia, yaitu FM, FMX, dan FH16. 

Selain evolusi dari produktivitas, keamanan dan teknologi juga menjadi fokus utama Volvo Trucks dalam mengembangkan seri terbaru ini. Adapun fitur anyar lainnya yakni peningkatan kapasitas angkut lebih dari 285 ton, honeycomb grill baru untuk meningkatkan kualitas sirkulasi udara, dan V-shape lamp.

Generasi baru ini juga dilengkapi sistem control traksi canggih, dengan kerjasama sistem Automatic Traction Control (ATC), Electronic Stability Control (ESC), dan Antilock Braking System (ABS).

Terdapat juga Downhill cruise control dan Transmisi I-Shift dengan tuas serta toggle yang disempurnakan, untuk memberikan pilihan mode pengemudian Efficient, Standard, dan Performance, yang dapat dipilih sesuai kebutuhan operasi.

Panel instrument sudah berupa layar display digital dinamis, dengan tampilan terpadu dan penempatan tombol-tombol dengan fungsi penting pada lingkar kemudi, sehingga meningkatkan fokus berkendara bagi pengemudi. Aea blindspot pun dibuat lebih kecil untuk meminimalisasi kecelakaan.

Selain itu, sisi keamanan lain juga terdapat pada penyempurnaan pilar A, kaca kabin lebih tegak, profil jendela lebih rendah, sehingga meningkatkan visibilitas bagian bawah pengemudi sebesar 10% dan dapat mengurangi blank spot saat berkendara. 

"Banyak fitur keamanan yang terus dikembangkan Volvo Trucks agar pengemudi merasa lebih aman dan nyaman saat berkendara, apalagi dengan kondisi pengemudi yang harus melakukan pekerjaannya selama berjam-jam, fatigue menjadi tantangan utama," pungkas Bambang.

Menurutnya, Volvo juga memiliki platform yang mampu mengontrol dan mengakses semua layanan Volvo Trucks mulai dari performa truk hingga jadwal pemeliharaan rutin yaitu Volvo Connect. Ini memungkinkan pelanggan untuk memantau kondisi truknya secara rutin dan memastikan pengemudi bisa melakukan pekerjaannya dengan aman. (EPS)