Generasi Baru Honda Civic Hatchback 2022 Ternyata Tidak Masuk Indonesia. Ini Alasannya

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 10/Des/2021 14:35 WIB
Ilustrasi Honda Civic Hatchback 2022 terbaru yang berada di generasi kesebelas (sumber: Honda) Ilustrasi Honda Civic Hatchback 2022 terbaru yang berada di generasi kesebelas (sumber: Honda)

SoundandMachine.com (Jakarta) – PT. Honda Prospect Motor (HPM) baru-baru ini meluncurkan Honda Civic generasi kesebelas, dan hanya tersedia dengan emblem Road Sailing (RS).

Meski berbodi sedan, yang notabene mobil berjenis ini pasarnya kian menyusut karena gempuran SUV, ternyata responnya cukup menjanjikan.

Baca Juga:
Generasi Terbaru Honda Accord Resmi Meluncur, Tampilan Kian Sporty dengan Teknologi Terkini

Pasalnya, sekitar sebulan setelah peluncuran, langsung terpesan lebih dari 100 unit, dan tidak heran jika HPM optimis bahwa target penjualan 750 unit per tahun bisa tercapai.

Namun sayangnya, generasi terbaru Honda Civic Hatchback 2022 ternyata tidak masuk Indonesia. “Karakter kendaraan Civic Hatchback dan sedan itu sama sehingga kami memutuskan untuk menghentikan penjualan wholesales-nya,” buka Yusak Billy, Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT HPM dikutip dari Carmudi (9/12/2021).

Baca Juga:
Prototipenya Jadi Riset Mobil Listrik di Indonesia, Honda N-Van Mulai Dijual Tahun 2024

Alasan lain mengapa HPM tidak memasukkan Honda Civic Hatchback 2022 ke Indonesia, karena adanya perubahan pajak yang membuat tarifnya sama antara sedan dan hatchback.

Alhasil, Civic generasi terbaru untuk pasar Indonesia, saat ini hanya tersedia versi sedannya saja. Sementara untuk segmen hatchback, HPM memfokuskan ke City Hatchback RS untuk rasa berkendara sporti, dan Brio untuk entry level yang mengarah ke value for money.

Baca Juga:
All-New CR-V Meluncur, Honda Catatkan Kenaikan Penjualan di Bulan Agustus 2023

Civic Hatchback masuk Indonesia sejak tahun 2017, menjadi produk comeback setelah dihentikannya produksi Civic Estilo pada pertengahan tahun 1990-an.

Terakhir Civic Hatchback beredar di Indonesia hanya tipe RS-nya saja.

(Joule).