Ini Alasan Mobil Harus Segera Dicuci Setelah Kehujanan

  • Oleh : ADV

Selasa, 14/Des/2021 15:34 WIB
Ilustrasi Mencuci Mobil (ist) Ilustrasi Mencuci Mobil (ist)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Sebagian wilayah di Tanah Air, saat ini sudah memasuki musim hujan. Bagi pengemudi dan pemilik mobil, tentu ada sejumlah hal yang perlu Anda lakukan setelah mobil kehujanan.

Menurut Pronanda Sultan selaku Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Palembang, Sumatera Selatan, tentu yang harus segera dilakukan adalah rajin mencuci mobil. Sebab air hujan dapat menimbulkan masalah pada bodi atau eksterior mobil bila tak segera dibersihkan.

Baca Juga:
Berawal dari Hobi, Urban Garage Jadi Gerai Cuci Mobil Paling HIts di Selatan Jakarta

"Air hujan yang dibiarkan mengering sendiri dan berulang terus, maka bodi dan kaca rentan timbul jamur. Hal itu dikarenakan kandungan PH atau tingkat keasaman yang terdapat di air hujan berbeda dengan air tanah," ungkap Pronanda, seperti dikutip dari laman resmi Auto2000.

Memang terdengar agak merepotkan, namun keuntungan dari segera mencuci mobil atau membilas mobil sehabis hujan sudah jelas keuntungannya. Pronanda memastikan bahwa bodi mobil dapat terhindar dari jamur yang bisa menyebabkan cat pada kendaraan menjadi kusam.

Baca Juga:
Layanan Ekspres, Gerai Cuci Mobil Premium Clean n Tidy Resmi Membuka CNT Car Wash

Saat mencuci mobil atau membilasnya setelah terguyur hujan, pastikan air yang Anda gunakan bukanlah air tampungan hujan. Pastikan air yang Anda gunakan merupakan air keran yang bersih. Akan lebih baik jika menggunakan selang dan semprotan airnya bertekanan.

Baca Juga:
Biar Tetap Kinclong, Ini Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Mobil

Hal tersebut guna sekalian mengikis kotoran yang menempel selama perjalanan. Pilih juga shampo khusus mobil dengan kualitas terbaik. Walau murah, jangan pernah menggunakan sabun cuci piring untuk cuci permukaan bodi mobil Anda, sebab dapat berdampak pada penurunan daya kilap cat.

"Setelah mobil diberi sabun secara merata, maka ulangi lagi menyiram atau bilas seluruh permukaan bodi dari atas sampai bawah dengan air bersih. Pastikan tak ada sisa busa sabun yang tersisa," tuturnya.

Selanjutnya, jangan tinggalkan begitu saja jika sudah dibilas. Anda wajib mengeringkan seluruh permukaan bodi, kaca, grill, bumper dan seluruh bagian eksteriornya. Pilih lap chamois berukuran besar untuk proses pengeringan tersebut. 

Menggunakan lap chamois ukuran kecil sah-sah saja sebenarnya, namun akan memakan waktu dan menjadikan proses pengeringan jadi melelahkan. Dengan rajin cuci mobil di musim hujan, tentu membuat mobil kesayangan Anda selalu bersih dan klimis. 

"Jika tidak rajin cuci mobil di musim hujan seperti sekarang maka siap-siap saja bodi mobil akan kusam karena terdapat jamur dari hasil air hujan yang mengering," wanti Pronanda. (EPS)