Toyota Pamerkan 16 Mobil Listrik Sekaligus, Ada Apa?

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 15/Des/2021 09:37 WIB
16 mobil listrik baterai yang dipamerkan oleh Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation (sumber: Toyota) 16 mobil listrik baterai yang dipamerkan oleh Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota melakukan perkenalan yang tergolong tidak biasa dalam sejarah perilisan produk mobilnya.

Pasalnya, Toyota yang biasa memperkenalkan 1 sampai 3 mobil sekaligus, kali ini sampai 16 mobil yang diantaranya Lexus, dan semuanya mobil listrik baterai.

Baca Juga:
Komitmen Gencarkan Teknologi Ramah Lingkungan, Lexus Kembali Gelar Pameran Lini Elektrifikasi

Lantas ada apa sampai memamerkan 16 mobil listrik baterai sekaligus?

“Kita hidup di dunia yang beragam dan di era yang sulit memprediksi masa depan. Terlebih, membuat semuanya bahagia dengan opsi satu untuk semua itu sulit. Makanya Toyota mau mempersiapkan opsi sebanyak mungkin untuk pelanggan di seluruh dunia.” buka Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation dalam keterangan resminya (14/12/2021).

Baca Juga:
Konsep Elektrifikasi Toyota di Japan Mobility Show 2023 Disiapkan Jadi Solusi Mobilitas Masa Depan

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Toyota Gandeng Idemitsu Buat Baterai Teknologi Baru Untuk Mobil Listrik Produksi Massal

Mobil listrik tersebut terdiri dari beragam model, yaitu bZ4X, bZ small crossover, bZ compact SUV, bZ  large SUV, bZ SDN, midbox, microbox, sports EV, crossover EV, compact cruiser EV, pick-up EV, small SUEV.

Sementara untuk Lexus ada Electrified Sport, Lexus RZ, electrified SUV, dan electrified sedan.

(sumber: Toyota)

Dari sekian mobil listrik tersebut, yang paling mendekati waktu produksi adalah bZ series, tepatnya bZ4X yang akan diluncukan tahun depan.

bZ series menjadi acuan Toyota dalam pembuatan kendaraan mobil listrik baterai ke depannya, untuk memenuhi kebutuhan pasar secara global.

Ke depannya, Toyota akan ekspansi lini bZ untuk kendaraan listrik baterai yang berjenis small crossover, compact SUV, large SUV, dan sedan.

(sumber: Toyota)

Dalam waktu dekat Lexus juga akan merilis mobil listrik berjenis SUV, yaitu Lexus RZ.

RZ merupakan SUV listrik baterai Lexus yang mempertahankan aspek Lexus Driving Signature pada konsep engineering-nya. Artinya meski berpenggerak listrik baterai, orang akan mengetahui bahwa itu adalah Lexus melalui rasa berkendaranya.

“Kita percaya bahwa mobil listrik baterai akan menjadi simbol Lexus, sebagai model yang jelas mengekspresikan evolusi mobil melalui elektrifikasi.” jelas Koji Sato, President Lexus International.

Seperti inilah gambaran model mobil listrik baterai yang akan diproduksi oleh Toyota Motor Corporation ke depannya.

Poinnya bukan hanya memenuhi tuntutan global yang mengarah pada bebas karbon di tahun 2030 mendatang, tetapi juga selera pasar, baik secara global, maupun untuk negara tertentu.

“Itulah mengapa Toyota berkomitmen untuk menawarkan beragam pilihan opsi kendaraan bebas karbon, untuk memenuhi kebutuhan dan situasi di setiap negara serta wilayah. Bukan kita, tetapi pasar setempat dan pelanggan kita yang memutuskan model mana yang akan dipilih.” pungkas Akio.

(Joule)