Bikin Pengendara Makin Aman, Piaggio dan Autoliv Kembangkan Airbag untuk Sepeda Motor

  • Oleh : ADV

Kamis, 16/Des/2021 14:44 WIB
Ilustrasi Motor Piaggio Ilustrasi Motor Piaggio

SoundandMachine.com (Jakarta) - Autoliv inc, sebuah perusahaan yang berkecimpung dalam sistem keselamatan otomotif, bersama Piaggio Group, dikabarkan tengah melakukan kolaborasi untuk mengembangkan airbag, yang akan digunakan pada kendaraan roda dua.

Nantinya, airbag ini akan berfungsi sebagai sistem keselamatan jika terjadi kecelakaan. Menurut Mikael Bratt, CEO dan Presiden Autoliv, ide tersebut muncul karena popularitas kendaraan roda dua dengan tenaga yang besar terus meningkat.

Baca Juga:
Bantu Perang Melawan Pandemi, Piaggio Group Luncurkan Vespa Elettrica Red

"Hal tersebut didorong oleh urbanisasi yang meluas dan kepadatan perkotaan, serta kepraktisan dan kemudahan penggunaan kendaraan roda dua yang bertenaga," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima SoundandMachine.

Saat ini, kebanyakan skuter dan sepeda motor, memang telah dilengkapi dengan sistem keselamatan yang canggih, seperti Antilock Braking System (ABS) dan Anti-Slip Regulation (ASR). Namun, dua fitur tersebut masih dirasa kurang. 

Penambahan airbag, dinilai dapat makin meningkatkan keselamatan pengendara. Airbag itu, akan dipasangkan pada rangka kendaraan, dan dapat mengembang dalam hitungan milidetik setelah tabarakan terjadi. 

Mikael menambahkan, pihaknya berkomitmen pada visi perusahaan untuk menyelamatkan banyak orang, makanya perusahaan yang dipimpinnya memberikan solusi keselamatan jiwa kelas dunia.

"Oleh karena itu, kami mengembangkan produk yang secara khusus melindungi pengguna jalan yang rentan. Pengembangan produk ini merupakan bagian integral dari agenda keberlanjutan kami dan langkah penting menuju tujuan kami untuk menyelamatkan 100.000 jiwa per tahun pada tahun 2030," ungkap Mikael.

Autoliv saat ini masih mengembangkan konsep awal dengan alat simulasi canggih dan melakukan uji tabrakan skala penuh. Autoliv juga akan bekerja dengan Piaggio Group, untuk mengembangkan produknya secara lebih lanjut dan potensi untuk mengkomersialkan konsep tersebut. (EPS)