Berbarengan Toyota, Lexus Pamerkan Deretan Mobil Listrik Masa Depannya

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 17/Des/2021 14:22 WIB
Mobil listrik Lexus yang akan diluncurkan beberapa tahun ke depan. (sumber: Toyota) Mobil listrik Lexus yang akan diluncurkan beberapa tahun ke depan. (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota Motor Corporation memamerkan 16 mobil listrik masa depan, yang 4 diantaranya dengan brand Lexus sebagai anak perusahaannya.

4 mobil listrik Lexus yang menjadi produk masa depannya antara lain RZ, Electrified Sport, Electrified Sedan, dan Electrified SUV.

Baca Juga:
Komitmen Gencarkan Teknologi Ramah Lingkungan, Lexus Kembali Gelar Pameran Lini Elektrifikasi

“Lexus berusaha untuk menjadi brand yang pada akhirnya dipilih oleh orang-orang yang mengetahui keasliannya. Sebagai pemegang brand, saya terus percaya itu.” buka Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation dalam keterangan resminya (14/12/2021).

Baca Juga:
Konsep Elektrifikasi Toyota di Japan Mobility Show 2023 Disiapkan Jadi Solusi Mobilitas Masa Depan

(sumber: Lexus)

Dari 4 mobil listrik Lexus tersebut, yang paling mendekati tahap produksi adalah RZ berjenis SUV. RZ merupakan SUV yang didedikasikan sebagai mobil listrik baterai, mulai dari engineering hingga desain.

Baca Juga:
Toyota Gandeng Idemitsu Buat Baterai Teknologi Baru Untuk Mobil Listrik Produksi Massal

Salah satu yang menjadi fokus utama di sektor engineering adalah rasa berkendara dan baterai, untuk mempertahankan driving dynamic Lexus Driving Signature khasnya. Salah satunya dengan memakai penggerak empat roda untuk mobil listrik baterainya.

Dilihat dari garis bodinya, RZ seperti versi mobil listrik dari lini Lexus yang sudah ada, yaitu RX, dan huruf “Z”, yang berarti “zero”, sebagai identitas bahwa Lexus tersebut berpenggerak listrik baterai.

(sumber: Lexus)

Kemudian untuk Electrified Sport, Lexus akan menerapkan rasa berkendara dan performa yang pernah diterapkan di produk termahalnya, yaitu Lexus LFA.

Sportscar tersebut akan memakai sport battery EV yang menjadi puncak pengembangan baterai Lexus dalam pembuatan mobil listrik.

Baterai tersebut memiliki daya jelajah hingga 700 km, dan motor listrik yang mampu berakselerasi dibawah 2 detik.

“Melalui baterai mobil listrik, kita akan mengembangkan Lexus menjadi brand yang menawarkan berbagai pengalaman melalui pengembangan performa yang hanya dapat dilakukan oleh pembuat mobil seperti Lexus, dan mengasah keahlian untuk produk yang semakin personal.” ungkap Koji Sato, President Lexus International.

Electrified Sport memakai proporsi dan bodi rebah layaknya sportscar, untuk menunjukkan keunikan berkendara, dan model yang melambangkan masa depan brand.

(sumber: Lexus)

Selain RZ, Lexus juga memamerkan mobil listrik berjenis SUV yaitu Electrified SUV, mengikuti pasar SUV yang kian mendominasi.

Pasalnya, mobil listrik yang dipamerkan oleh Toyota Motor Corporation kebanyakan berjenis SUV. Termasuk Lexus sendiri 2 dari 4 model mobil listrik masa depannya SUV.

(sumber: Lexus)

Meski SUV kian mendominasi, Lexus juga akan memproduksi mobil listrik berjenis sedan, melalui mobil konsep Electrified Sedan, untuk model produk yang lebih personal.

Toyota Motor Corporation berpikiran, dalam hal manajemen bisnis, mungkin orang akan lebih efisien untuk fokus pada pilihan yang lebih sedikit. Akan tetapi,

“Cepat beradaptasi dengan perubahan di masa depan lebih penting daripada mencoba memprediksi masa depan, yang tidak pasti. Itulah sebabnya kami ingin menjaga agar opsi tetap tersedia bagi pelanggan kami sampai jalur yang benar jelas.” pungkas Akio.

(Joule)