Lebih Stabil Saat Menikung, Mazda MX-5 Pakai Suspensi Baru Kinetic Posture Control

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 22/Des/2021 15:00 WIB
Mazda MX-5, atau Roadster untuk pasar Jepang, dengan suspensi belakang Kinetic Posture Control (KPC) (sumber: Mazda) Mazda MX-5, atau Roadster untuk pasar Jepang, dengan suspensi belakang Kinetic Posture Control (KPC) (sumber: Mazda)

SoundandMachine.com (Jepang) – Sportscar Mazda Roadster, atau MX-5 di pasar global, mengalami minor update berupa suspensi baru Kinetic Posture Control (KPC) yang membuatnya lebih stabil menikung.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Suspensi KPC Mazda MX-5 (sumber: Mazda)

KPC memiliki struktur suspensi belakang yang membuat MX-5 bisa lebih stabil apapun kondisi berkendaranya, baik di jalan lurus maupun tikungan dengan kecepatan tinggi sekalipun.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Pasalnya, suspensi belakang tersebut bekerja mendorong mobil ke bawah apabila pengemudi melakukan pengereman.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Mazda MX-5 dengan suspensi KPC (kiri) dan tanpa suspensi KPC (kanan) (sumber: Mazda)

Hal tersebut berbeda dengan suspensi pada umumnya yang notabene apabila mobil melakukan pengereman dengan kencang, bagian belakangnya terangkat.

Dengan mendorong bagian belakang bodi ke bawah membuat MX-5 lebih menapak, sehingga menikungnya bisa lebih stabil, bahkan di kecepatan tinggi sekalipun.

KPC bekerja mendeteksi kondisi menikung secara real time, dari perbedaan kecepatan antara kiri dan kanan roda belakang, dan membuat mobil bisa bergerak secara linier.

Itu berarti, semakin agresif mengendarainya, mobil akan semakin mantap dalam menikung dalam arti tidak terlihat limbung atau menunjukkan ketidakstabilan lainnya.

Struktur suspensi ini membuat bobot menjadi sedikit lebih berat, akan tetapi penambahannya tidak sampai 1 gram.

Suspensi KPC sudah disematkan di MX-5 dan MX-5 RF untuk pasar Jepang, dan MX-5 RF merupakan model yang paling mendekati keluaran dealer resmi Mazda di Indonesia.

(Joule)