Atasi 3 Masalah Berkurangnya Kenyamanan Mobil dengan Peredam Z3RO Solutions

  • Oleh : ADV

Jum'at, 24/Des/2021 14:59 WIB
Peredam Vibrofiltr dari Z3RO Solutions Peredam Vibrofiltr dari Z3RO Solutions

SoundandMachine.com (Jakarta) - Tak dapat dipungkiri, banyak pemilik kendaraan yang merasa bagian kabin mobilnya terasa kurang nyaman, akibat suara bising dari luar ikut masuk kedalam.   

Selain itu, banyak juga yang merasa kalau suhu di dalam kabin juga terkadang terasa panas, meski AC sudah dinyalakan dengan suhu optimal. Namun, tahukah Anda, bahwa ternyata beda kendala pada kabin mobil, maka berbeda pula solusinya. 

Baca Juga:
Dukung Pelanggannya di Kompetisi Audio I-CAN, Peredam Z3RO Solutions Adakan Promo Berhadiah

Menurut Novia Hadiputri Brand Manager Z3RO Solutions, permasalah kabin mobil pada dasarnya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu permasalahan getar, suara dan panas. Guna mengatasi tiga hal tersebut, diperlukan peredam tambahan di mobil.

Baca Juga:
Animo Car Audio Tinggi, Sekarang BestBuddyShop Buka Cabang di Surabaya

"Z3RO Solutions memiliki solusi peredaman kabin mobil dengan tiga langkah perbaikan redaman akustik mobil yang disebut Z1 (Z3RO Vibe), Z2 (Z3RO Noise) dan sebagai tambahan yaitu Z3 (Z3RO Heat)," tuturnya

Sebagai tahap awal, Z1 atau Z3RO Vibe berfokus untuk mengurangi getaran dengan melapisi dan mempertebal bodi kendaraan. "Jika sebelumnya menambah massa pada mobil menggunakan bahan berbahan dasar bitumen/tar, di solusi Z3RO kami menggunakan material butyl rubber berlapis alumunium," ungkapnya.

Baca Juga:
Peredam Vibrofiltr Tampil di SEMA Show 2021, Han Fast Furious Pajang Sportscar Modifikasi

Material tersebut, dinilai lebih ramah lingkungan. Z3RO Vibe, menggunakan produk peredam merk Z3RO 2mm dan Vibrofiltr mulai dari tebal 1.5mm, 1.8mm dan 2.3mm. Cara kerja nya dengan menempelkannya di rangka mobil, dan bodi mobil. Bahan yang digunakan juga aman, karena bersifat self adhesive dan tidak menjalar api. 

"Hasilnya, getaran dapat tereduksi dengan baik," katanya. Setelah dilakukan pemasangan berbahan alumunium butyl rubber, langkah berikutnya adalah mengaplikasikan Vibrofiltr Autoshim Black Flex, sebagai isolasi getaran khususnya pada mobil-mobil berbahan diesel.

Peredam itu diletakkan di bagian lantai, fender maupun ruang kompartmen mesin. Setelah aplikasi alumunium butyl rubber, tahap selanjutnya adalah Z2 atau Zero Noise, yang fokus pada faktor pantulan suara dan transmisi suara di rongga panel pintu. 

"Disinilah keunggulan Z3RO Noise yang menggunakan produk Z3RO Fiber foam, berbahan dasar busa fiber," jelas wanita ramah tersebut. Fiber foam diaplikasikan pada bagian doortrim panel, plafon dan lapisan fender luar. 

Efeknya, kabin akan lebih kedap dan suara audio mobil Anda dari speaker akan optimal, tanpa beresonansi di bagian rongga pintu. Sebagai solusi tahap akhir, yakni Z3 atau Z3RO Heat. 

Z3RO Heat dapat mereduksi panas mesin dan panas pengaruh lingkungan. Produk yang digunakan adalah Z3RO Hood Liner peredam dengan tebal 19mm berbahan foam akustik dengan lapisan alumunium.

"Produk ini bisa diletakan pada kompartemen mesin, sangat baik mereduksi panas permukaan mesin, dan telah dilengkapi dengan perekat isolasi dengan bahan anti panas," tutur Novi. Lapisan alumunium yang digunakan, bersifat tahan air, oli dan api, mudah dibersihkan dan tidak mudah robek. (EPS)