Rayakan 20 Tahun Produksi, Enkei Akan Rilis Varian Baru Pelek Ikonik RPF1

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 02/Janu/2022 11:48 WIB
Enkei RPF1 RS, versi baru dari pelek ikonik RPF1 untuk merayakan 20 tahun produksinya. (sumber: Enkei) Enkei RPF1 RS, versi baru dari pelek ikonik RPF1 untuk merayakan 20 tahun produksinya. (sumber: Enkei)

SoundandMachine.com (Jepang) – Enkei memiliki produk ikonik dengan desain yang terinspirasi pelek F1 tim McLaren, yaitu RPF1. Diluncurkan sejak tahun 2002, Enkei masih mempertahankan lini produk RPF1, hingga membentuk turunannya.

Salah satunya RPT1, dengan desain palang yang mengacu pada RPF1, akan tetapi untuk pemakaian off-road.

Baca Juga:
Enkei Bakal Tambah 2 Model Pelek Anyar Berbasis RPF1

(sumber: Enkei)

Merayakan usia produksinya yang ke-20, Enkei merilis varian baru dari RPF1, yaitu RPF1 RS. Sesuai namanya, desain palang RPF1 yang ikonik dipertahankan, akan tetapi pelek berkonstruksi 1-piece tersebut dibuat celong, atau sebutan lainnya step rim.

(sumber: Enkei)

RPF1 RS dibuat celong karena efektif untuk mengurangi bobot, sekaligus meningkatkan kekakuan dan kekuatan, yang notabene penting untuk rasa berkendara sporti dalam level tinggi.

Sementara untuk desain palang RPF1, memiliki stress distribution dan kemampuan mengeluarkan panas dari pengereman yang sangat baik. Itulah mengapa desain seperti ini menjadi benchmark bagi Enkei dalam pembuatan pelek.

Untuk ukuran yang tersedia, baru 15 inci dan 18 inci saja, sementara untuk PCD, untuk ukuran 15 inci baru 4/100 dengan lebar 8 J, sementara 18 inci baru tersedia 5/114,3, akan tetapi lebarnya tersedia 9,5 J, 10 J, 10,5 J, dan 11 J.

Kemudian untuk metode manufacturing, RPF1 RS memakai teknologi terbaru, yaitu Most Advanced Technology RS (MAT RS), namun untuk detailnya belum diketahui.

(sumber: Enkei)

RPF1 RS akan dirilis pada musim panas 2022 mendatang untuk wilayah Jepang.

(Joule)