Rifat Sungkar Ingatkan Pentingnya Kenali dan Rawat Kelistrikan di Mobil

  • Oleh : ADV

Senin, 03/Janu/2022 13:29 WIB
Ilustrasi kelistrikan mobil (MMKSI) Ilustrasi kelistrikan mobil (MMKSI)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Tak dapat dipungkiri, kelistrikan pada sebuah mobil adalah salah satu elemen penting. Tanpa adanya arus listrik, tentunya mobil tidak akan bisa berfungsi maksimal. 

Apalagi untuk mobil-mobil modern sekarang ini yang memang banyak memiliki fitur canggih, dan itu pastinya butuh sumber listrik untuk mengaktifkannya. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk mengenali kelistrikan, utamanya untuk mencegah terjadinya kebakaran pada kendaraan. 

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Libur Lebaran 2024, Mitsubishi Buka 7 Posko Siaga dan 50 Bengkel Resmi

Menurut Rifat Sungkar, selaku Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, penyebab utama terjadi kebakaran di mobil memang berbeda-beda, namun masalah pada kelistrikan mobil jadi salah satu penyebabnya. 

"Banyak orang memang mungkin berpikir kalau mobil itu punya system kelistrikan. Tapi yang tahu listrik di mobil biasanya hanya sekedar tahu ada lampu-lampu mobil dan aki. Padahal di kendaraan, elektrikal itu ada 4 kriteria," tuturnya.

Baca Juga:
Penjualan Xpander dan Pajero Sport Naik, Mitsubishi Perkuat Pangsa Pasar di Indonesia

Pertama kelistrikan bagian luar, interior, mesin dan dalam sistem keamanan kendaraan. Bagian elektrikal body ada dua tipe kabel yakni body harness dan engine harness. "Body harness adalah kabel yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu, power steering, sistem audio, itu semua body harness," jelas Rifat.

Kemudian untuk engine harness itu berhubungan dengan penggerak yakni mesin dan gearbox. Ini adalah sistem kelistrikan yag berhubungan dengan Electronic Control Unit (ECU), atau otak dari mobil kita," jelasnya.

Baca Juga:
Diproduksi Lokal, Mitsubishi L100 EV Jadi Kendaraan Niaga Ringan Paling Lengkap Fiturnya

Kedua, elektrikal interior. Ini biasanya ada di bagian dalam mobil dan memang bagian dari body harness, cuma bagian dalamnya saja. Ini yang menurut Rifat yang sering dimodifikasi oleh pemilik mobil dan akibatnya sering timbul gangguan di sistem kelistrikan mobil. 

"Suka banyak yang modifikasi audio, aksesori, chargernya banyak dan iverter. Sementara kendaraan itu sudah punya teknologi yaitu satu kabel body untuk keseluruhan,” papar pria yang baru saja meraih juara nasional Sprint Rally bersama Xpander AP4 ini.

Ketiga elektrikal mesin, ini masih masuk ke dalam kategori engine harness. Rifat sangat melarang untuk pemilik mobil agar tidak mengubah atau memodifikasi dari spesifikasi engine harness ini. Karena sistem engine harness akan sangat mempengaruhi performa kendaraan. 

Keempat, eletrikal sistem keamanan yang masih terkait atau sama dengan elektrikal mesin. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan sistem elektrikal keamanan ini terintegrasi dengan engine harness. 

Perawatan yang paling mudah untuk sistem kelistrikan mobil ini adalah dengan tidak melakukan ubahan atau modifikasi di luar spesifikasi pabrikan. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, di mana sistem kelistrikan ini paling ringkih. 

"Tolong untuk hal ini perlu lebih dipahami, karena gangguan elektrikal adalah gangguan dalam, di luar terlihat baik tapi di dalamnya ternyata rusak. Jadi banyak yang tidak sadar kalau sistem elektrikal mobilnya ada masalah tapi karena tidak terlihat jadi seperti tidak peduli," pungkasnya. (EPS)