Asyik Nih! Rest Area Tol Trans Jawa Bakal Punya Fasilitas Menginap

  • Oleh : edo

Jum'at, 14/Janu/2022 13:46 WIB
Ilustrasi Rest Area Tol Ilustrasi Rest Area Tol

SoundandMachine.com (Jakarta) - Buat kawan SoundandMachine yang gemar melakukan perjalanan luar kota atau jarak jauh, tentunya kerap dilanda kelelahan dan rasa kantuk yang tidak dapat ditahan.

Apalagi bila perjalanan dilakukan melewati jalan tol, yang memiliki karakter lurus dan panjang seperti ruas Tol Trans Jawa. Nah agar pengemudi tidak kelelahan dan bisa beristirahat dengan cukup, ada kabar baik nih dari Jasa Marga.

Baca Juga:
Lebih Dari 2,5 Juta Kendaraan Meninggalkan Jabotabek Selama Liburan Nataru

Sebab, pengelola jalan tol tersebut berencana menghadirkan fasilitas penginapan di sejumlah rest area. Menurut Cahyo Satrio Prakoso, Direktur Utama PT Jasamarga Related Business (JMRB), kerja sama pengembangan rest area ini menyusul terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Dengan adanya Peraturan Menteri PUPR No. 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol, kualitas pelayanan bagi pengguna jalan tol dapat lebih ditingkatkan," tuturnya.

Baca Juga:
Dukung Program Kendaraan Listrik, Jasa Marga Akan Tambah SPKLU di Rest Area

Ia melanjutkan, rest area dapat dikembangkan dengan menambah fasilitas penunjang berupa sentra bisnis lokal atau daerah, area logistik, kawasan industri, hingga destinasi penunjang wisata, termasuk fasilitas inap.

Baca Juga:
Siap-siap Atur Waktu Perjalanan, Besok Diprediksi Menjadi Puncak Arus Balik Liburan

Saat ini, potensi pengembangan fasilitas inap di rest area saat ini masih dikaji lebih lanjut oleh PT JMRB yang menggandeng Omega Hotel Management (OHM), dengan identifikasi awal untuk ruas jalan tol yang cocok dengan fasilitas inap ini adalah jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

"Target utama kami tentu saja pengguna jalan dengan perjalanan menerus/jarak jauh, demi keamanan dan keselamatan perjalanan mereka," ungkap Cahyo dalam keterangan resminya, Kamis, (14/01). 

Selama ini, banyak pengemudi yang membutuhkan fasilitas inap untuk perjalanan dari Jakarta atau bahkan Merak menuju Semarang atau Surabaya serta sebaliknya. Mereka harus keluar jalan tol terlebih dahulu baru menemukan hotel terdekat. 

"Bersama PT JMRB, kami menghadirkan fasilitas akomodasi yang terbaik bagi masyarakat. Saat ini rest area yang berpotensi untuk menghadirkan hotel adalah rest area di Jalan Tol Trans Jawa," kata Aswin Drajat Sukrisna Director of Operations PT Omega Hotel Manajemen.

Selain kondisi Jalan Tol Trans Jawa yang panjang dan ramai, 85% rest area jalan tol yang dikelola oleh PT JMRB juga terletak di jaringan Jalan Tol Trans Jawa sehingga potensi pengembangan fasilitas inap ini juga semakin terbuka. 

"Namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di rest area kami di Jalan Tol Luar Jawa," pungkasnya. Asyik juga ya! (EPS)