Yuk! Pahami Tahapan Pemasangan Peredam Mobil Agar Hasilnya Optimal

  • Oleh : ADV

Rabu, 26/Janu/2022 10:08 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Tak dapat dipungkiri, banyak pemilik kendaraan yang merasa bagian kabin mobilnya terasa kurang nyaman, akibat suara bising dari luar ikut masuk kedalam.    

Selain itu, banyak juga yang merasa kalau suhu di dalam kabin juga terkadang terasa panas, meski AC sudah dinyalakan dengan suhu optimal. Namun, tahukah Anda, bahwa ternyata beda kendala pada kabin mobil, maka berbeda pula solusinya. 

Baca Juga:
Lengkapi Solusi Upgrade Audio, Alpine Indonesia Hadirkan Lini Produk Peredam Mobil

Menurut Novia Hadiputri Brand Manager Z3RO Solutions yang menjadi pemegang merek beberapa peredam ternama seperti Z3RO dan Vibrofiltr, permasalah kabin mobil terbagi menjadi 3 bagian, yaitu permasalahan getar, suara dan panas. 

Baca Juga:
Tampil Ciamik, Peredam Z3RO Solutions Antar Nissan 180SX Lucky Reza Tembus 50 Modifikasi Terbaik

"Peredam bukan hanya menambah kenyamanan, namun ada benefit lain seperti mengurangi panas kabin hingga membuat kualitas audio meningkat," ujar Novi dalam Kanal Youtube SoundandMachine.

Ia menjelaskan, untuk mengurangi getaran dimobil, bisa dilakukan dengan melapisi dan mempertebal bodi kendaraan. "Di solusi Z3RO kami menggunakan produk dengan teknologi terkini dan ramah lingkungan yaitu multilayer material butyl rubber berlapis alumunium," ungkapnya.

Baca Juga:
Pakai Peredam Z3RO Solutions, Nissan 180SX Drifter Lucky Reza Lolos Hotwheels Legends Tour 2023

Z3RO Vibe menggunakan produk peredam merk Z3RO 2mm dan Vibrofiltr mulai dari tebal 1.5mm, 1.8mm dan 2.3mm. Cara kerja nya dengan menempelkannya di rangka mobil, bodi mobil tanpa menggunakan tambahan pemanas, self adhesive dan bahan tidak menjalar api. 

Hasilnya, getaran mobil akan tereduksi dengan baik. Menariknya, peredam tersebut mampu disematkan pada sudut-sudut rangka mobil yang sulit dijangkau, karena peredam tersebut saat dipasang akan mengikuti kontur bidang yang ditempel.

Setelah getaran teratasi, tahap berikutnya adalah mengurangi bising (Noise) di kabin. Tahap ini focus pada faktor pantulan suara dan transmisi suara di rongga panel pintu. Solusinya adalah menggunakan produk Z3RO Fiber foam, berbahan dasar busa fiber. 

Meskipun di pasar banyak sekali produk sejenis, Z3RO Fiber foam memiliki kualitas yang tebal dan lebih baik. Fiber foam diaplikasikan pada bagian doortrim panel, plafon dan lapisan fender luar.

Selanjutnya, level ketiga itu mengurangi panas baik panas mesin dan panas pengaruh lingkungan. Produk yang digunakan adalah Z3RO Hood Liner peredam dengan tebal 19mm berbahan foam akustik dengan lapisan alumunium diletakan pada kompartemen mesin.

"Produk ini sangat baik mereduksi panas permukaan mesin, dilengkapi dengan perekat isolasi dengan bahan anti panas. Alumunium bersifat tahan air, oli dan api, mudah dibersihkan dan tidak mudah robek," jelas Novi.

Ia menambahkan, selain Z3RO Hood, juga bisa menggunakan Vibrofiltr Autoshim Black Flex, sebagai heat insulation diaplikasikan pada bagian kompartmen mesin, maupun firewall, beda nya adalah ukuranya yang lebih tipis 6mm dan 10mm namun hasilnya sama-sama mereduksi panas dan getaran dengan sangat baik.

"Jadi sebelum pasang peredam kita cari keluhannya apa. Peredam kalau kita benahin satu sisi saja belum tentu optimal, karena semua berkaitan. Jadi pastikan kamu sudah tahu ya tahapan pemasangan peredam seperti apa, dan pastikan solusi peredaman kabin mobil menggunakan produk-produk dari Z3RO Solutions," pungkas Novi. (EPS)