Toyota GR Supra Racikan Toms Ini Lebih Bertenaga dan Nyaman untuk Perjalanan Jarak Jauh

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 29/Janu/2022 11:35 WIB
Tom`s Supra Tourer, Toyota GR Supra modifikasi oleh tuner spesialis Toyota Tom`s (sumber: Tom`s) Tom`s Supra Tourer, Toyota GR Supra modifikasi oleh tuner spesialis Toyota Tom`s (sumber: Tom`s)

SoundandMachine.com (Jepang) – Bicara tuning tidak lepas dari salah satu aspek yang dikorbankan antara performa dan kenyamanan. Salah satu contohnya setelah upgrade kaki-kaki membuat performa mobil meningkat, tetapi jadi tidak nyaman untuk dipakai sehari-hari atau jarak jauh.

Tuner spesialis Toyota asal Jepang, Tom’s mengambil jalan tengah dimana tuning bukan hanya meningkatkan performa, tetapi juga kenyamanan untuk jarak jauh, melalui Tom’s Supra Tourer.

Baca Juga:
Gandeng Yamaha, Toyota Akan Kembangkan Mesin V8 Hidrogen Bertenaga Besar

Tom’s Supra Tourer merupakan modifikasi racikan Tom’s berbasis Toyota GR Supra, dengan konsep meningkatkan performa, tetapi nyaman untuk jarak jauh.

Baca Juga:
Varian Toyota Fortuner Terbaru, Ternyata Pakai Mesin yang Andal di Lintasan Balap

Tom's Supra (sumber: Tom's)

Dalam modifikasi ini, Tom’s memakai beberapa komponen yang sama seperti karya modifikasi sebelumnya yaitu Tom’s Supra, untuk konsep modifikasi berbeda di Tom’s Supra Tourer.

Baca Juga:
Super Taikyu, Ajang Balap Endurance Jepang yang Jadi Laboratorium Mobil Produksi Masa Depan

(sumber: Tom's)

Pertama dari eksterior, Tom’s menyematkan front diffuser, side diffuser, Rear under diffuser, Front bumper garnish, dan over fender untuk depan dan belakang yang sama seperti Tom’s Supra.

Eksterior seperti ini membuatnya lebih lebar 85 mm, akan tetapi memiliki efek aerodinamika, karena angin akan mengarah ke rumah roda, yang membuat mobil lebih stabil di kecepatan tinggi.

Namun Tom's Supra Tourer tidak dilengkapi GT-Wing yang membuat aerodinamikanya tidak sebaik Tom's Supra, akan tetapi sesuai konsep modifikasinya.

(sumber: Tom's)

Kemudian di sektor kaki, menggunakan pelek Tom’s WS05 20 inci 9.5J untuk depan dan 10.5J untuk belakang, yang dibalut oleh ban Bridgestone Potenza S007A 255/30 R20 untuk depan dan 275/30 R20 untuk belakang, seperti Tom’s Supra.

Penguat seperti strut bar dan member brace untuk menguatkan sasisnya, menjadi pembeda antara Tom’s Supra dan Tom’s Supra Tourer.

Jika Tom’s Supra bagian tersebut dibuat lebih kaku untuk efek performa, Tom’s Supra Tourer dibuat luwes agar lebih nyaman untuk dikendarai jarak jauh.

Di sektor dapur pacu, Tom’s menyematkan exhaust system titanium 4 tail, electronic throttle controller LTS III, boost up parts power box, dan suction pipe, hingga membuat tenaganya menjadi 420 PS.

Upgrade tersebut tergolong ringan jika dibandingkan dengan Tom’s Supra yang sampai upgrade ECU, heat exchanger untuk intercooler, dan high flow turbo kit hingga membuat tenaganya menjadi 460 PS.

Tom’s sengaja melakukan upgrade mesin lebih ringan, karena untuk menjaga kenyamanan dari segi karakteristik tenaganya, dan karakter mesin tersebut dibuat mendekati standar.

Sebagai identitas, Tom’s menyematkan emblemnya di eksterior dan karpet untuk interiornya.

Tom’s menawarkan lower body brace, rem Brembo GTS Brake Kit Front Complete, suspensi KW Height Adjustable Damper / Spring Set (Alignment Included), dan interior carbon set sebagai opsi.

(Joule)