Built By Apes, Wadah Pencinta Stiker Manga atau Anime di Mobil

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 30/Janu/2022 10:54 WIB
Built By Apes display mobil dengan stiker bertemakan pop culture Jepang di acara I Miss U, Japan Fest di Mall Of Indonesia, Jakarta. Built By Apes display mobil dengan stiker bertemakan pop culture Jepang di acara I Miss U, Japan Fest di Mall Of Indonesia, Jakarta.

SoundandMachine.com (Jakarta) – Ketika seseorang merupakan pencinta otomotif dan pop culture Jepang seperti manga dan anime, salah satu upaya untuk mengekspresikannya adalah dengan membuat dan memasang stiker itasha di mobilnya.

Itasha merupakan stiker grafis bertemakan manga atau anime yang ditempel di mobil. Bisa sebagian bodi, bisa satu bodi mobil ditempeli stiker tergantung selera masing-masing pemilik mobil.

Baca Juga:
Diadakan Kedua Kali Selama Tahun 2023, Ini Dia Sisi Otomotif Perhelatan Comic Frontier 17

Di Indonesia, pemainnya bisa dibilang tidak banyak, akan tetapi ada satu wadah bagi pemilik mobil Itasha, yaitu Built By Apes (BBA) yang berdiri sejak 2017 silam.

“Sekumpulan orang yang gemar memodifikasi kendaraan, tetapi masih inexperienced. Kita bukan professional dalam hal modifikasi mesin, wrap, atau bodykit, tapi kita mau mencoba dan bersenang-senang dalam prosesnya melalui serangkaian trial and error.” buka Karenina, bagian media sosial BBA kepada SoundandMachine.com melalui Direct Message Instagram (16/1/2022).

Baca Juga:
Benang Merah Otomotif dan Pop Culture, Event Battle of The Toys 2023 Hadirkan Display Mobil Itasha

Meski pemainnya termasuk sedikit, tetapi mereka berani untuk berunjuk gigi dengan menampilkan mobil mereka di berbagai acara, terutama acara pop culture Jepang dan otomotif.

Baca Juga:
Rangkul Pemilik Kendaraan Berstiker Manga atau Anime, Klub Waifu Society Adakan Meet-Up Itasha

Built by Apes di Indonesia Automodified x IIMS Motobike Show 2021

Untuk acara otomotif, terakhir kali mereka berpartisipasi di perhelatan Indonesia Automodified x IIMS Motobike Show 2021 di Senayan Park, Jakarta.

Piala yang didapat Built by Apes setelah berpartisipasi di Indonesia Automodified x IIMS Motobike Show 2021

Partisipasi mereka di perhelatan tersebut membuahkan hasil, karena mendapat sejumlah penghargaan kategori, yaitu Daikoku Futo PA atau display gaya Jepang, Best Mitsubishi - Tuners untuk salah satu pemainnya, dan Itasha Yanki, karena display mobil Itasha.

“Pada dasarnya kami memang berkiblat pada style JDM, dan kami memang penggemar anime (wibu). Dari dasar itu kami ingin membawa itasha dan mengenalkan itasha ke komunitas otomotif indonesia.” ujar Karenina.

Setelah Indonesia Automodified x IIMS Motobike Show, mereka berunjuk gigi di acara bertemakan Jepang, yaitu I Miss U, Japan Fest di Mall Of Indonesia, Jakarta pada tanggal 14-23 Januari 2022 silam, tetapi mereka display hanya beberapa hari saja, paling tidak antara 15-16 Januari 2022.

“Kedepannya kita juga berencana utk kolaborasi dengan cosplayer untuk cosplay anime character yang ada di itasha kita biar makin seru.” tambah Karenina.

Untuk membuat stiker Itasha, BBA mendesainnya sendiri, kemudian dicetak di print shop atau gerai stiker yang ada bahan vinyl wrap. BBA sudah memiliki rekanan print shop, akan tetapi mereka merahasiakannya.

Sementara untuk desain, BBA menyesuaikan kearifan lokal, tetapi konsep internasional agar dapat diterima. “Itasha di luar negeri, terutama di USA, seringkali menggunakan karakter anime dengan outfit yang seksi yang menurut kami tidak family friendly untuk crowd di Indonesia.” jelas Karenina.

Kemudian untuk pemasangan, mereka pasang sendiri, atau misalnya ternyata terlalu sulit, mereka meminta bantuan teman-teman untuk di carikan orang yang bisa pasang wrapnya.

Lantas kapan lagi mereka berunjuk gigi dengan itasha-nya? “Kita suka datang ke small gathering atau morning run. Kalau big event seperti IAM, mungkin hanya di akhir2 tahun untuk showcase build2 yg kita kerjain tahun itu.” pungkas Karenina.

(Joule)