Aston Martin DBX707 Meluncur, Jadi SUV Terkuat di Dunia

  • Oleh : ADV

Senin, 14/Feb/2022 17:02 WIB
Aston Martin DBX707 Aston Martin DBX707

SoundandMachine.com (London) – Setelah sempat membuat para petrolhead penasaran terhadap sosoknya ketika beberapa siluet gambar muncul di dunia maya, akhirnya Aston Martin resmi memperkenalkan DBX707.

Mobil asal Inggris itu, disebut sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) terkuat yang ada dipasaran. Bahkan, ia mampu mengalahkan Lamborgini Urus dalam hal performa.

Baca Juga:
Kembali ke Dunia Motorsport, Aston Martin Rayakan dengan Peluncuran Vantage F1 Edition

Bagaimana tidak, Aston Martin DBX707 dibekali dengan mesin V8 4.0 liter twin-turbocharged yang diturunkan dari Mercedes-AMG.

Sesuai namanya, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 707 PS dan torsi mencapai 900 Nm. Tenaga ini jauh lebih besar dari Aston Martin DBX standar yang hanya punya 550 PS dan torsi 700 Nm.

Di atas kertas, mesin ini juga paling bertenaga dibandingkan Lamborghini Urus yang punya 641 PS dan Bentley Bentayga Speed 626 PS.

Performa yang lebih besar ini, hadir berkat revisi pada turbo, dan sejumlah komponen di mesin. Selanjutnya, Aston Martin juga meningkatkan kinerja gearbox otomatis sembilan percepatan yang bersumber dari Mercedes, dengan menukar konverter torsinya menggunakan kopling basah untuk menahan output torsi yang jauh lebih tinggi.

“Ini pada dasarnya adalah transmisi Speedshift MCT 9G AMG yang memulai debutnya di W213 E 63,” tulis Aston Martin dalam keterangan resminya.

Selain itu, dengan sistem Launch Control anyar, mampu memberikan perpindahan gigi yang lebih cepat dan spontan. Alhasil, DBX707 mampu mengayunkan jarum speedometer digitalnya melewati angka 100 km/jam hanya dalam 3,3 detik.

Angka ini menyamai Porsche Cayenne Turbo GT dan mengalahkan Lamborghini Urus. Bila pengemudi masih memiliki nyali lebih, SUV tersebut mampu melesat hingga keceptan 310 km/jam.

Mampu berlari hingga kecepatan tinggi, tentunya butuh system pengereman yang optimal. Oleh karena itu, Aston Martin membekali DBX707 dengan rem karbon keramik dengan cakram depan 420 mm dan belakang 390 mm, yang dijepit oleh kaliper enam piston. (EPS)