Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Pakai Penggerak Roda Depan, Ternyata Banyak Keunggulannya

  • Oleh : ADV

Kamis, 24/Feb/2022 12:19 WIB
Mitsubishi Xpander Cross (MMKSI) Mitsubishi Xpander Cross (MMKSI)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Jagad media sosial, beberapa waktu lalu diramaikan dengan berita viral perdebatan mengenai kemampuan menanjak mobil MPV dengan sistem penggerak roda depan, versus mobil penggerak roda belakang.

Banyak netizen yang menilai, bahwa mobil dengan penggerak roda depan kurang mumpuni saat dibawa melintasi jalan menanjak, seperti di jalur pegunungan. Padahal, mobil keluarga atau MPV dengan penggerak roda depan, ternyata punya banyak kelebihan dan juga manfaat. 

Baca Juga:
Diproduksi Lokal, Mitsubishi L100 EV Jadi Kendaraan Niaga Ringan Paling Lengkap Fiturnya

Menurut Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi, bagi mobil dengan penggerak roda depan seperti New Mitsubishi Xpander dan New Mitsubishi Xpander Cross, justru memiliki banyak kelebihan baik dari sisi performa maupun estetika. 

Baca Juga:
Mitsubishi Motors Mulai Produksi Kendaraan Listrik Komersial Minicab MiEV di Indonesia

"Beberapa keunggulan ada pada mobil penggerak roda depan dan untuk kendaraan penumpang, sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan jika berbicara masalah daya jelajah seperti kekuatan menanjak antara penggerak roda depan dan belakang. Ada perbedaan hanya pada mobil-mobil beban berat seperti truk," kata Rifat.

Ia menambahkan, keunggulan lainnya yakni tidak ada proses tenaga melalui gardan untuk menyalurkannya ke roda belakang. Hilangnya gardan, membuat kabin lebih senyap dan tenaga mesin yang disalurkan ke roda pun lebih maksimal.

Baca Juga:
Penuhi Janji, Unit Pesanan Mitsubishi XForce Siap Didistribusikan Bulan November Ini

"Misal mobil mesin bertenaga 100 hp, jika mobil penggerak roda belakang, total tenaga yang dikeluarkan ke roda akan terpangkas 35 persen. Jika mobil FWD pasti ada tapi tidak besar," jelas Rifat beberapa waktu lalu.

Selain itu, karena hanya membutuhkan sedikit komponen dan tidak ada gigi transmisi serta poros untuk menyalurkannya ke roda belakang, mobil penggerak roda depan punya bobot yang lebih ringan.

Pada New Mitsubishi Xpander dan New Mitsubishi Xpander Cross, kedua mobil terbaru itu sudah menggunakan transmisi matik CVT dan dikombinasikan dengan control traksi yang mumpuni, sehingga sistem penggerak roda depan di kedua mobil itu sangat berguna di berbagai kondisi medan jalan. 

"CVT sudah jadi teknologi wajib untuk mobil mobil zaman sekarang, karena dengan CVT, friksi yang terjadi sangat sedikit. Dengan friksi yang sedikit, mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan," ungkapnya.

Rifat menjelaskan, keuntungan lain pada mobil dengan penggerak roda depan adalah sisi handling. Ia mengatakan mobil FWD lebih mudah dikendalikan. Kata lain, pengemudi lebih mudah mengarahkan kendaraan sesuai dengan keinginan.

Bukan hanya itu, mobil berpenggerak roda depan juga unggul saat traksi atau gaya gesek ban mobil dan permukaan jalan terutama ketika hujan. Gaya gesek lebih aman karena roda depan yang menarik roda belakang. Berat mesin mobil yang berada di depan dapat membantu traksi lebih aman.

Didukung transmisi CVT

Selain itu baik Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross pun sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kenyamanan di jalan raya. Seperti fitur Hill Start Assist (HSA) yang akan mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalanan menanjak, sehingga mobil tidak bergerak mundur.

Fitur ini akan aktif seketika jika Xpander berada di posisi tanjakan dan mobil berhenti, lalu saat mobil kembali melaju HSA akan menahan mobil selama 3 detik agar tidak mundur ketika pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Jadi, kawan SoundandMachine jangan langsung percaya oleh mitos kalau mobil berpenggerak depan tidak bisa menaklukkan tanjakan yah! karena mobil yang diproduksi pastinya sudah dirancang dan diuji dengan sedemikian rupa sebelum dipasarkan ke konsumen. (EPS)