Civic Type R Ikutan, Honda Fokus Balapan di Kejuaraan Nasional Dengan Modifikasi Ringan

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 11/Mar/2022 16:25 WIB
Lini Honda yang berpartisipasi di kejuaraan nasional ISSOM (sumber: Honda) Lini Honda yang berpartisipasi di kejuaraan nasional ISSOM (sumber: Honda)

SoundandMachine.com (Jakarta) – PT. Honda Prospect Motor (HPM), mengumumkan bahwa tim pabrikannya yaitu Honda Racing Indonesia (HRI) akan kembali berpartisipasi di 2 ajang kejuaraan nasional (kejurnas), yaitu Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) dan Slalom.

Akan tetapi dalam 2 ajang kejurnas tersebut, HRI hanya tampil di ajang balap dengan modifikasi ringan, sehingga fokus utamanya adalah sektor handling dan safety, sementara mesin hampir standar.

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

(sumber: Honda)

Baca Juga:
Generasi Terbaru Honda Accord Resmi Meluncur, Tampilan Kian Sporty dengan Teknologi Terkini

“Sejalan dengan strategi Honda di tahun ini, kami menggunakan mobil produksi massal untuk seluruh agenda balap. Kami ingin terjun dengan mesin yang tidak terlalu banyak dimodifikasi.” buka Adhi Parama Sugarda, Communication Strategy Senior Manager PT. HPM kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers onling (11/3/2022).

HRI akan turun di ajang ISSOM dengan 3 kelas kapasitas mesin, yaitu ITCR 1.2, ITCR 1.5, dan untuk pertama kalinya di kelas ISTCR 3.6.

Baca Juga:
Prototipenya Jadi Riset Mobil Listrik di Indonesia, Honda N-Van Mulai Dijual Tahun 2024

Untuk ISSOM kelas ITCR 1.2 ada Brio dengan pembalap Naufal R.B di rising star class, di kelas ITCR 1.5 ada City Hatchback RS dengan pembalap Avila Bahar di kelas master class, dan ISTCR 3.6 ada Civic Type R dengan pembalap Alvin Bahar.

Sekedar tambahan informasi, ketika City Hatchback diluncurkan pada tahun 2021, HRI baru bisa turun di ajang balap ISSOM di musim 2022.

“Honda memiliki line-up yang memang dari seluruhnya memiliki DNA sporti yang kental, mulai dari Brio hingga Type R. Semuanya memiliki performa yang bagus dibanding kelasnya.” jelas Adhi.

(sumber: Honda)

Untuk di kelas ISTCR 3.6, Civic Type R yang akan dipakai oleh Alvin fokus utama modifikasinya di sektor handling dan safety, sementara mesin hanya pendingin saja agar lebih tahan saat dipacu.

Civic Type R yang dimodifikasi ringan tersebut untuk menghadapi para kompetitornya yang menggunakan sportscar Eropa, dan kemungkinan modifikasi mobilnya lebih ekstensif karena di regulasi tersebut modifikasinya lebih bebas dibanding ITCR 1.2 atau 1.5.

“Mobilnya sendiri sudah kenceng, sampai akhirnya saya cuma memodifikasi handling dan braking system. Potensi yang dimiliki Civic Type R ini standarnya sudah 310 PS, itu udah cukup sedikit membuai saya, jadi gak kepikiran, siapapun lawannya saya optimis menang saja.” jelas Alvin Bahar, Pembalap HRI di kelas ISTCR 3.6.

HRI akan melakukan debut balapannya di ISSOM pada tanggal 13 Maret 2022 mendatang. Good luck! (Joule)