Suzuki Wagon R Smile Sudah Hadir di Indonesia, Siap Ramaikan Segmen Mobil Imut Kei-Car

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 05/Mei/2022 09:45 WIB
Suzuki Wagon R Smile yang dimasukkan oleh importir umum Ivan`s Motor (sumber: Ivan`s Motor) Suzuki Wagon R Smile yang dimasukkan oleh importir umum Ivan`s Motor (sumber: Ivan`s Motor)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Di Indonesia, Suzuki Wagon R kerap identik dengan Suzuki Karimun produksi lokal, karena memang awalnya berbasis mobil kotak berdimensi mungil asal Jepang tersebut, dan generasi terakhirnya disebut Karimun Wagon R.

Padahal di negara asalnya, Wagon R merupakan nama yang memiliki DNA mobil kompak namun lega karena bodi kotaknya, dan juga tidak selamanya kei-car. Sebut saja Wagon R Wide yang masuk Indonesia sebagai Karimun, diklasifikasikan sebagai compact, bukan kei-car.

Baca Juga:
Sempat Jadi Trending Topic, Kei-Car Honda N-Box Hadir Perdana di Dreams Cafe Senayan Park

Namun Wagon R yang satu ini menawarkan konsep berbeda, dan sesuai namanya bisa membuat siapapun yang melihat tersenyum, yaitu Suzuki Wagon R Smile.

Menariknya, Suzuki Wagon R Smile hadir di Indonesia melalui jalur importir umum Ivan’s Motor dan dipersiapkan meramaikan segmen mobil imut kei-car.

Baca Juga:
Generasi Baru Honda Civic Type R Resmi Dirilis di Jepang, Ini Spek Lengkap dan Harganya

“Antusiasnya, yang menanyakan cukup banyak, baik dari existing customer kita maupun para penggiat yang follow di Instagram kita.” buka Iskandarsyah, Marketing Communication Ivan’s Motor kepada SoundandMachine.com di Ivan’s Motor, Arteri Pondok Indah, Jakarta (21/4/2022).

Baca Juga:
Showroom Mobil Built-Up Ivans Motor Kembali Hadirkan Kei Car Suzuki Spacia Gear

(sumber: Ivan's Motor)

Wagon R Smile pada prinsipnya adalah Wagon R yang ditambah fungsionalitasnya, dan itulah mengapa memiliki bodi tinggi serta sliding door untuk penumpang belakang.

Namun tidak hanya itu saja, Wagon R Smile memakai lampu bulat, gril kotak, serta garnish yang mengelilinginya. Agak kontras dengan garis bodinya, tetapi itulah yang membuat “smile”, karena dengan wajah seperti ini jadi terlihat “unyu”.

(sumber: Suzuki)

Interior bukan hanya lapang karena bodi tinggi tetapi juga dibuat cozy, dan untuk tampilan, Suzuki lebih bermain di bentuk yang sederhana dan aksen warna pada dasbor. Selain itu posisi mengemudi juga dibuat tinggi untuk meminimalisir blind spot lebih mudah dikendarai.

Itupun masih ditambah fitur keselamatan aktif Suzuki Safety Support yang dilengkapi kamera omnidirectional untuk membantu menghindari benturan ketika hendak menyalip di jalan sempit.

(sumber: Suzuki)

Wagon R Smile memiliki sliding door dengan bukaan selebar 600 mm dan step height sebesar 345 mm sehingga memudahkan akses keluar-masuk untuk penumpang belakang.

Setidaknya DNA Wagon R di Wagon R Smile ini ada di radius putarnya, yaitu 4,4 m yang setara kei-car berukuran lebih kecil, meski secara horizontal kabinnya lebih luas 65 mm.

Eksterior Wagon R Smile memiliki panjang 3,395 m, lebar 1,475 m, dan tinggi 1,695 m. Namun dimensi kabinnya memiliki panjang 2,185 m, lebar 1,345 m, dan tinggi 1,330 m dengan wheelbase 2,460 m.

Kemudian mesinnya mengusung 660 cc-nya bertenaga 49 PS dengan torsi 58 Nm yang disalurkan oleh transmisi CVT. Seperti unit yang ada di Ivan’s Motor, Wagon R Smile dilengkapi sistem hybrid dengan motor listrik DC Synchronous bertenaga 2,6 PS dan torsi 40 Nm dan baterai Lithium-ion.

“Di Jakarta sangat cocok sekali, baik untuk market perempuan, anak yang sudah dewasa, pengen mobil yang simple tapi keren.” jelas Iskandarsyah.

Bagi penggemar kei-car yang tertarik atau ingin melihat lebih dekat, silahkan kunjungi Ivan’s Motor di Jl. Sultan Iskandar Muda No. 27, Arteri Pondok Indah, Jakarta. Akan tetapi sebelumnya hubungi Ivan’s Motor terlebih dahulu untuk membuat janjian, dan baru dibuka kembali mulai tanggal 9 Mei 2022.

(Joule)