Dikenal Sebagai Importir Roda Dua CBU, Hobby Motor Mulai Jajaki Segmen Mobil Premium

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 11/Mei/2022 11:00 WIB
Sukses menggeluti bisnis sepeda motor impor. Hobby Motor mulai merambah ke segmen mobil mulai dari jual kei-car Daihatsu Copen (kiri) dan Taft (kanan) Sukses menggeluti bisnis sepeda motor impor. Hobby Motor mulai merambah ke segmen mobil mulai dari jual kei-car Daihatsu Copen (kiri) dan Taft (kanan)

SoundandMachine.com (Jakarta) – Setelah sukses berbisnis jual beli sepeda motor CBU, importir umum Hobby Motor mulai merambah segmen roda empat dengan membangun showroom JDM CBU Cars.

Baca Juga:
Diam-diam Daihatsu Taft Terbaru Sudah Ada di Indonesia, Ini Wujudnya

JDM CBU Cars yang mulai dibuka sejak Januari 2022 silam, mendatangkan beberapa unit mobil jenis kei-car sebagai permulaan untuk merambah segmen roda empat.

“Pelanggan kei-car di kita adalah yang sering beli (sepeda motor Honda) Monkey di kita. Mereka suka yang minimalis, kenapa kita memberanikan diri untuk (masukin) kei-car, sudah ada beberapa yang inden karena penggemar (mobil) yang kecil-kecil.” ujar Michael Sofyan, mewakili pendiri JDM CBU Cars kepada SoundandMachine.com di Arteri Pondok Indah, Jakarta (19/4/2022).

Baca Juga:
Mantap Nih! JDM CBU Cars Akan Hadirkan Beragam Mobil JDM di Tanah Air

Menariknya, kei-car yang dimasukkan oleh JDM CBU Cars bukan Honda S660 seperti yang dilakukan kebanyakan importir umum, melainkan Daihatsu Copen dan Daihatsu Taft. Model yang disebut terakhir, menjadi yang pertama kalinya hadir di Indonesia.

Baca Juga:
Punya Mesin Turbo yang Canggih, Honda N-One Sabet Gelar K Car of The Year

Taft merupakan kei-car di JDM CBU Cars yang menjadi perbincangan para warganet di Indonesia, karena memiliki sejarah panjang pernah beredar di Indonesia, akan tetapi konsepnya sudah berbeda total.

Kehadiran kei-car Taft sendiri di Indonesia termasuk tanpa diduga-duga, karena tidak disangka ada importir yang berniat menghadirkan unitnya. Wajar saja, mengingat JDM CBU Cars terhitung baru di pasar mobil impor atau CBU (Completely Built Up).

“Masukin Taft gara-gara Jimny, di sini kan meledak banget tapi 1.500 cc. Dari customer juga idenya. Mereka sering bolak-balik ke Jepang.” jelas putra pendiri Hobby Motor, Sofyan Ibrahim.

Sementara untuk Copen, yang sempat menjadi lini PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merk Daihatsu di Indonesia, JDM CBU Cars menghadirkannya memanfaatkan kans-nya sebagai importir umum dalam penjualan kei-car di Indonesia.

Copen yang ada di showroom-nya sekilas sama seperti keluaran APM, akan tetapi ada sejumlah perbedaan kalau dilihat secara detail. Sebut saja nama Copen sendiri karena di Jepang dijual dengan nama Copen Robe, jok Recaro, setir Momo, dan sokbreker Bilstein.

“Kei-car sebenarnya udah lama dipegang APM, tapi tidak sukses. Kalau saya lihat indikatornya, kayak Copen, APM lihat volume-nya tidak gede, akhirnya ditinggalin. Itu sebenarnya kans di kita di IU untuk masukin.” tambah Mike, sapaan akrab Michael Sofyan.

Meski diakui bahwa pasarnya tergolong niche, JDM CBU Cars optimis bahwa kei-car akan menjual di Indonesia berdasarkan survey tersebut, dan juga dari pengalaman waktu menjual sepeda motor Honda Monkey.

“Saya juga tidak berharap akan meledak. Dulu waktu saya bawa Monkey di tahun 2009 gak ada yang lihat. 2-3 tahun kemudian Monkey meledak. Dulu saya jual Monkey awalnya Rp. 55 juta. Sampai terakhir discontinue Rp. 125 juta. Habis terus.” pungkas Mike.

Siap-siap, beragam model kei-car bakal meramaikan jalanan Indonesia. (Joule)